3 Saksi Bisu Kekejaman PKI di Jakarta, Nomor 2 Rumah Jenderal yang Berhasil Lolos

Jum'at, 02 September 2022 - 14:31 WIB
loading...
A A A
Rumah ini telah menjadi saksi hampir terbunuhnya Jenderal Besar DR. Abdul Haris Nasution. Dalam peristiwa tersebut justru menewaskan putri kedua beliau, Ade Irma Suryani Nasution dan diculiknya sang ajudan Kapten Anumerta Pierre Andreas Tendean.

Peresmian museum ini dilakukan pada tahun 2008 yang bertepatan dengan hari kelahiran sang Jenderal Besar oleh Presiden Susilo Bhambang Yudhoyono.

Baca juga : Kebangkitan PKI: Kenyataan atau Ilusi

3. Lubang Buaya

Berbeda dari tempat sebelumnya yang merupakan rumah jenderal, kali ini merupakan tempat dikumpulkannya para korban termasuk keenam jenderal yang nantinya akan dibunuh dan oleh pasukan PKI.

Lubang Buaya berada di Jalan Lubang Buaya, Cipayung, Jakarta Timur. Di dalamnya terdapat Lapangan Peringatan Lubang Buaya yang berisi Monumen Pancasila, Museum Diorama, sumur tempat para korban G30S PKI dibuang, dan sebuah ruangan berisi relik.

Pusat perhatian di lokasi ini terletak pada sumur dengan kedalaman 12 meter dan berdiameter 76 cm yang menjadi tempat pembuangan para jasad termasuk enam jenderal yang telah dibunuh.

Kini tempat tersebut diberi nama Museum Lubang buaya dan menjadi salah satu tempat wisata di Jakarta. Dalam museum ini juga banyak menampilkan bukti bukti bersejarah terkait G30S/PKI.
(bim)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1790 seconds (0.1#10.140)