Dekat Cijantung, Synthesis Huis Dukung Tumbung Kembang Anak

Rabu, 27 Juli 2022 - 11:27 WIB
loading...
Dekat Cijantung, Synthesis Huis Dukung Tumbung Kembang Anak
Synthesis Huis lokasinya dekat dengan hutan Kota Cijantung, Jakarta Timur. Foto: SINDOnews/R Ratna Purnama
A A A
DEPOK - Lingkungan yang baik dan sehat mendukung proses tumbuh kembang anak . Untuk mendukung tumbuh kembang anak, perlu dioptimalkan mengenai penataan lingkungan dari berbagai hal yang membuat hunian menjadi nyaman.

“Synthesis Huis menggandeng Umar Zain menghadirkan Urban Artistic Landscape dengan memaksimalkan tata lansekap seluruh kawasan Synthesis Huis menjadi lebih hijau yang dapat dinikmati tanpa batas oleh para penghuninya. Synthesis Huis merupakan Iconic Residential project yang mengusung konsep Biophilic Homes, mengadopsi gaya arsitektur Skandinavia yang menyesuaikan iklim di Indonesia,” kata Managing Director Synthesis Huis, Aldo Daniel saat diskusi bertema ‘Optimalkan Tumbuh Kembang Anak di Hunian Sehat Dan Asri’, Selasa 26 Juli 2022.

Dikatakan Aldo, setiap unit huniannya memaksimalkan sirkulasi udara dan cahaya, memiliki jendela dan halaman terbuka di area belakang rumah sehingga membantu cahaya masuk, juga cross ventilation udara, serta indoor garden di unit tertentu. Pihaknya ingin memberikan sentuhan unsur alam berupa taman di dalam rumah. Synthesis Huis lokasinya dekat dengan hutan Kota Cijantung, Jakarta Timur.

Pihaknya menempatkan green spine pedestrian yang menghubungkan antar unit hunian dan membangun fasilitas umum berdampingan dengan hutan kota untuk interaksi penghuni.

“Menciptakan lingkungan hunian yang sehat merupakan komitmen kami. Harapannya, Synthesis Huis menjadi kawasan hunian yang mampu mengakomodir kebutuhan keluarga dan berupaya memberikan kenyamanan tidak hanya bagi orang tuanya tapi juga untuk anaknya,” ucapnya.



Dokter Specialist Anak dr Kurniawan Satria Denta menuturkan, hunian sehat salah satu faktor yang mempengaruhi perkembangan anak. Agar tumbuh kembangnya optimal, anak itu harus diberikan asih dan asuh, serta keamanan yang maksimal.

“Perhatikan juga material yang aman saat anak beraktivitas. Misalnya menempatkan railing pada tangga dan karpet dilantainya. Tumbuh kembang itu dipengaruhi oleh kesehatan sang anak. Kalau anak sakit, tentunya perkembangannya bisa terhambat,” katanya.

Psikolog klinis Muharini Aulia menuturkan, untuk mendukung pertumbuhan anak dibutuhkan keseimbangan antara wilayah privasi dan ruang publik. Dari sisi psikologis keberadaan kawasan hunian memang tidak berdampak langsung pada anak, namun jika kawasan hunian itu sehat tentunya anak dapat tumbuh dan berkembang optimal.

“Sudah seharusnya orang tua memiliki peran untuk memperkenalkan dan membiasakan anak berinteraksi di ruang publik,” katanya.
(mhd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1190 seconds (0.1#10.140)