502 Hewan Ternak di Kabupaten Tangerang Positif PMK

Selasa, 28 Juni 2022 - 01:16 WIB
loading...
502 Hewan Ternak di Kabupaten Tangerang Positif PMK
Sebanyak 502 hewan ternak sapi dan kerbau positif penyakit mulut dan kuku (PMK) di Kabupaten Tangerang. Foto/Ilustrasi/Antara
A A A
TANGERANG - Sebanyak 502 hewan ternak sapi dan kerbau positif penyakit mulut dan kuku ( PMK ) di Kabupaten Tangerang. Kendati demikian, untuk angka kesembuhan mencapai 80 persen.

Kepala Dinas Pertanian dan Pertenakan (Dispertan) Provinsi Banten Agus Tauchid menuturkan menjelang Idul Adha 1443 Hijriah, pihaknya akan melakukan vaksinasi terhadap hewan ternak. “Totalnya ada 1.100 vaksin tahap pertama, tahap kedua kami nanti akan dilakukan setelah Idul Adha,”katanya dalam keterangan yang diterima, Senin (27/6/2022).

Dijelaskan Agus, bahwa vaksin yang akan digunakan ini adalah vaksin impor dari Vietnam sebagai vaksin darurat. “Vaksinasi untuk hewan terutama sapi dan kerbau di Kabupaten Tangerang mudah-mudahan nanti programnya bisa berlanjut terus untuk meminimalisir penyebaran virus PMK,” ujarnya.

Baca juga: Vaksin PMK Bakal Disuntikkan ke Gajah karena Rentan Terpapar



Selanjutnya, dia berharap ke depannya dapat meningkatkan daya imunitas hewan ternak. Kemudian dia mengimbau para pemilik lapak hewan ternak untuk segera melaporkan apabila menemukan hewan yang suspek PMK.

“Jadi sekali lagi kepada pemilik lapak hewan ternak untuk kurban segera laporkan apabila ditemukan suspek PMK di ternaknya mumpung masih ada waktu untuk kita berikan pengobatan dan nanti bisa pada saat pelaksanaan kurban benar-benar sudah sehat,” tandasnya.
(rca)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1617 seconds (11.252#12.26)