Masjid Istiqlal Mulai Potong Sapi Jokowi hingga Megawati

Selasa, 18 Juni 2024 - 10:01 WIB
loading...
Masjid Istiqlal Mulai...
Masjid Istiqlal mulai melakukan pemotongan hewan kurban pada hari ini, Selasa (18/6/2024). Foto/Giffar Rivana
A A A
JAKARTA - Masjid Istiqlal mulai melakukan pemotongan hewan kurban pada hari ini, Selasa (18/6/2024). Hewan kurban yang pertama disembelih adalah sapi milik Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Penyembelihan itu dilakukan di Rumah Pemotongan Hewan (RPH) Masjid Istiqlal yang dimulai pukul 07.35 WIB. Para petugas penyembelihan hewan kurban memulai pemotongan dari sapi jenis simental milik Jokowi yang beratnya mencapai 1.250 kilogram atau 1,2 ton.

Dari pantauan SINDOnews di lokasi, sapi milik Jokowi yang berwarna cokelat itu dipotong dengan lantunan takbir oleh panitia. Tak ada kesulitan saat sapi milik Jokowi itu akan disembelih karena profesionalitas para panitia kurban di Istiqlal yang sudah mahir dalam memotong hewan kurban.





Setelah berhasil disembelih, sapi milik Jokowi pun langsung dikuliti dan dipotong menjadi bagian kecil untuk dibagikan kepada masyarakat. Selanjutnya, sapi jenis limosin dengan berat 1,2 ton milik Wakil Presiden Ma'ruf Amin disembelih oleh panitia kurban Masjid Istiqlal.

Berikutnya, sapi milik Presiden Terpilih Prabowo Subianto yang ikut disembelih di RPH Istiqlal. Selanjutnya, ada sapi milik Wakil Presiden Terpilih Gibran Rakabuming Raka, dan kemudian sapi milik Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri.

Sementara itu, Ketua Panitia Kurban Masjid Istiqlal Abu Hurairah mengungkapkan, pada Iduladha 1445 H kali ini, pihaknya menerima 60 sapi dan sejumlah kambing dari para penyumbang. Sebagian sudah didistribusikan ke tempat lainnya.

“Kami sudah mulai mendistribusikan secara hidup-hidup ke rumah binaan tahfiz masjid Istiqlal, sisanya 55 ekor sapi dan beberapa kambing,” kata Abu saat memberikan sambutan di apel panitia kurban.

"Insyaallah, hari ini begitu selesai dicacah langsung disitribusikan, mudah-mudahan seharian kita mampu menjalankan amanah," pungkasnya.
(rca)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2092 seconds (0.1#10.140)