Kapendam Jaya: Wilayah Perkotaan Masih Membutuhkan Sentuhan TMMD

Jum'at, 10 Juni 2022 - 13:51 WIB
loading...
A A A
“Program TMMD pada hakekatnya adalah membantu pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui kegiatan bersifat fisik maupun non fisik guna memantapkan Kemanunggalan TNI-Rakyat menyiapkan Ruang, Alat dan Kondisi (RAK) Juang yang tangguh dalam mengatasi ancaman, gangguan, hambatan dan tantangan di wilayah,” terangnya.

Pada sasaran fisik, meliputi peningkatan jalan lingkungan di wilayah RT 01, 02 dan 03 RW 01 dengan panjang jalan 1.471,25 m. Kemudian peningkatan saluran air (U-ditch) lingkungan di wilayah RT 01, 02 dan 03 RW 01 dengan panjang saluran 1.158 m serta merenovasi 4 rumah tidak layak huni, yaitu rumah Bapak Rohili, Bapak Setia Hardiman, Bapak Kuswardi dan Bapak Aluwih keseluruhan sasaran berada di Kelurahan Teluk Pucung Kecamatan Bekasi Utara, Kota Bekasi,” Beber Dansatgas.

Melalui program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-113 tahun 2022 Kodim 0507/Bekasi pembuatan drainase/saluran air sesuai keinginan warga telah direalisasikan di Jalan Belimbing, Kelurahan Teluk Pucung, Bekasi Utara-Kota. Drainase itu dibangun untuk memperlancar saluran air sekaligus mencegah terjadinya banjir dan genangan air ketika hujan deras.

"Alhamdulillah, Jalan Belimbing sudah ada drainasenya. Drainase ini sangat dibutuhkan untuk menampung air saat hujan. Kalau hujan tidak banjir pak, hanya genangan air saja dibeberapa titik. Bahkan genangan air sampai ke warung saya. Namun tak lama genangan akan hilang dengan sendirinya," kata Ida, pemilik warung makanan dan minuman di tepi Jalan Belimbing.

Selain itu, Ibu Sri mengaku bersyukur karena dengan adanya pembangunan drainase oleh TNI, warungnya jadi ramai. "Saya bersyukur, sejak adanya program TMMD, banyak anggota TNI yang beli minuman disini seperti kopi, es teh manis dan gorengan. Lumayan banyak," tutur Sri.



Sebelumnya, tokoh masyarakat sekaligus pribumi setempat, Ibu Sahana (75) mengatakan, perbaikan drainase yang dilakukan TNI sangat tepat dan memang sudah sejak lama dinantikan warga. Hampir puluhan tahun perbaikan drainase yang ditunggu- tunggu akhirnya bisa terwujud, terima kasih buat TNI.

Ditambahkan, jika pembuatan drainase sudah selesai dipastikan tidak ada lagi genangan saat hujan."Mudah-mudahan setelah ada drainase tidak ada genangan air lagi dan warga bisa merawatnya," ujarnya.

Pasiter Kodim 0507/Bekasi Mayor Inf Widiarto mengatakan, hingga saat ini memasuki minggu keempat sasaran fisik pekerjaan pembangunan drainase, pengaspalan jalan dan pembangunan empat rumah tidak layak huni sudah hampir rampung 100 persen.

Ibu Rohili mengaku bahagia dan bangga dengan TNI yang sudah membangun rumahnya. Tadinya reot, kata dia, sering kebocoran saat hujan, sekarang sudah dibangun seperti istana buat keluarganya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1289 seconds (0.1#10.140)