Transisi PSBB, Pemeriksaan SIKM Masih Dilakukan

Selasa, 23 Juni 2020 - 23:59 WIB
loading...
Transisi PSBB, Pemeriksaan SIKM Masih Dilakukan
Pemeriksaan surat izin keluar masuk (SIKM) di pos check point Kalideres, Jakarta Barat, masih terus dilakukan, Selasa (23/6/2020). SINDOnews/Yan Yusuf
A A A
JAKARTA - Sekalipun perpanjangan masa transisi masih berlaku, namun pemeriksaan surat izin keluar masuk (SIKM) di pos check point Kalideres, Jakarta Barat, masih terus dilakukan, Selasa (23/6/2020). Pantauan di lokasi, pengendara, baik roda dua maupun roda empat dengan pelat nomor luar daerah, diarahkan ke pos check point tersebut.

Adapun para petugas berjaga di sepanjang jalan lokasi pemeriksaan tersebut. Pemeriksaan itu dilakukam oleh petugas gabungan dari Polri, TNI, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Dinas Perhubungan (Dishub). (Baca juga; 97% Warga Kabupaten Bekasi Terdampak COVID-19 Terima BLT Desa )

Para pengendara yang diarahkan ke pos check point akan diperiksa kartu tanda penduduk (KTP) dan surat tugas maupun SIKM nya. Apabila KTP mereka luar Jakarta dan tidak memiliki SIKM, maka petugas akan memutarbalikkan mereka ke arah Tangerang.

Kanit Lantas Kalideres, AKP Arif Rahman Hakim mengatakan, pemeriksaan ini memang masih terus dilakukan pihaknya, hal ini untuk memutus mata rantai persebaran COVID-19. "Nah melalui pelat nomor luar daerah itu kita cek, kalau tidak sesuai dengan KTP nya dari luar Jakarta kita arahkan ke Tangerang lagi," ujar Arif saat ditemui di lokasi, Selasa (23/6/2020).

Dia mengatakan, jumlah kendaraan yang diputarbalikkan masih cukup banyak. Kendaraan yang diputarbalikkan pada pagi hari lebih tinggi dibandingkan pada siang hari. "Tadi pagi pukul 07.00 WIB - 09.00 WIB, sepeda motor 70 yang diputar balikkan, roda empat ada 4 unit kendaraan, mobil boksnya ada dua dan yang tidak menggunakan masker 3," ungkap Arif.

Sedangkan pada pukul 13.00 WIB - 14.00 WIB ada 63 sepeda motor, mobil dua, masker dua yaitu sepeda motor satu, dan mobil satu. Walaupun angka kendaraan bernotor yang diputarbalikkan masih cenderung banyak, tetapi Arif menilai, pengendara yang tak menggunakan masker saat berkendara sudah jauh menurun.

Hal ini terlihat dari pemeriksaan di pos check point Kalideres selama masa PSBB dan PSBB transisi ini. “Biasanya banyak yang tidak pakai masker,” pungkasnya. (Baca juga; Kunjungan Masyarakat ke Tempat Wisata di Jakarta Masih Rendah )
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1042 seconds (0.1#10.140)