Usai Lebaran, 10 Ribu Pendatang Diprediksi Serbu Bekasi

Senin, 09 Mei 2022 - 06:58 WIB
loading...
Usai Lebaran, 10 Ribu Pendatang Diprediksi Serbu Bekasi
Pemkot Bekasi memprediksi sebanyak 10 ribu pendatang mengadu nasib di Bekasi. Foto/Ilustrasi/Dok SINDOnews
A A A
BEKASI - Sebanyak 10 ribu warga pendatang diprediksi akan memenuhi Bekasi usai libur lebaran tahun ini. Ribuan pendatang baru tersebut umumnya datang dengan tujuan mencari pekerjaan di wilayah industri Bekasi.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Bekasi, Taufik Hidayat memprediksi 10 ribu warga pendatang baru nantinya akan tercatat di wilayahnya selepas perhelatan mudik lebaran tahun ini, prediksi tersebut melihat dari adanya pengaruh urbanisasi.

”Prinsipnya sama dengan DKI Jakarta, bahwa kami tidak bisa mencegah warga yang nantinya akan masuk ke Bekasi, karena kesempatan untuk tinggal dimanapun adalah hak warga,” kata Taufik, Senin (9/6/2022).

Menurut dia, pada lebaran tahun lalu, ada ribuan warga yang tercatat sebagai warga baru di Kota Bekasi.”Tahun lalu ada sekitar 6.225 orang. Untuk tahun ini diproyeksikan bisa bertambah, karena mengingat pandemi Covid-19 sudah mulai melandai,” ucapnya.

Selain itu, Taufik juga mengimbau kepada warga pendatang harus melengkapi surat-surat ke administrasinya sebelum melakukan perpindahan. ”Jangan menggunakan jasa calo, langsung datang dan melaporkan sebagai warga pendatang baru,” ungkapnya.



Untuk diketahui, sepanjang tahun 2021, Pemkot Bekasi mencatat sebanyak 50.182 ribu orang melakukan perpindahan dari wilayah lain ke Kota Bekasi. Data itu terangkum berdasarkan perekaman KTP Elektronik pada tahun 2021.

Sedangkan berdasarkan rekapitulasi Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Bekasi untuk Jumlah penduduk Kota Bekasi tahun 2020 terdapat sebanyak 2.543.676 orang. Jika disandingkan dengan data pemerintah, maka warga Bekasi bertambah menjadi sebanyak 2.593.858 orang.
(ams)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1173 seconds (0.1#10.140)