H+2 Lebaran, TPU Pedurenan Masih Ramai Peziarah

Rabu, 04 Mei 2022 - 14:33 WIB
loading...
H+2 Lebaran, TPU Pedurenan Masih Ramai Peziarah
Peziarah masih tampak ramai di TPU Pedurenan, Mustika Jaya, Kota Bekasi, Rabu (4/5/2022). Foto: MPI/Jonathan Simanjuntak
A A A
BEKASI - Hari Raya Idul Fitri kerap menjadi momentum untuk keluarga bersilaturahmi . Tak hanya bersilaturahmi, masyarakat juga juga kerap ber ziarah ke Tempat Pemakaman Umum ( TPU ) untuk memanjatkan doa bagi keluarga yang sudah tiada.

TPU Pedurenan di Mustika Jaya, Kota Bekasi, misalnya, setelah dua hari Lebaran, masih banyak yang warga yang berziarah di tempat ini. Hal ini terlihat dari banyaknya kendaraan yang berlalu lalang di sekitar lokasi.

Pantauan MNC Portal Indonesia, mayoritas pengunjung biasanya berdatangan dengan anggota keluarganya. Mereka yang datang terlihat membawa kantungan bunga tabur, baik dibawa dari rumah maupun membeli di lokasi terlebih dahulu.

Usai mendatangi makam yang dituju, mereka terlihat melakukan doa terlebih dahulu. Kemudian mereka melakukan proses tabur bunga.



Ilman (45) salah seorang peziarah mengaku, kegiatan ini sudah menjadi rutinitas tahunannya. Dia mengaku selalu memanjatkan doa untuk orang tua yang sudah tiada di saar Lebaran.

"Ziarah kita rutin. Biasanya kita lakukan pas mau puasa (Ramadhan) sama Lebaran," kata Ilman kepada wartawan di lokasi, Rabu (4/5/2022).

Ilman mengatakan, kegiatah ziarah dilakukan dua hari setelah Lebaran untuk menghindari adanya keramaian warga. Menurutnya, apabila ziarah dilakukan di hari pertama, maka akan berdesakan dengan warga lainnya.

"Jadi kita pilih hari ketiga ini. Dan kebetulan juga sudah lebih santai ya, karena kan kemarin juga kunjungan ke rumah saudara juga," tutupnya.
(mhd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2663 seconds (0.1#10.140)