Taman Makam Yayasan Sinar Bumi Jonggol Sambut Peziarah Ceng Beng

Selasa, 26 Maret 2024 - 16:40 WIB
loading...
Taman Makam Yayasan Sinar Bumi Jonggol Sambut Peziarah Ceng Beng
Warga peziarah melewati deretan makam yang terletak di Kompleks Yayasan Sinar Bumi Jonggol, Kabupaten Bogor dalam rangka perayaan Ceng Beng 2024. Foto: Ist
A A A
BOGOR - Setiap tahunnya, tradisi luhur Ceng Beng atau Cengbengan atau dikenal luas sebagai Festival Qingming yang bisa diartikan Hari Pencerahan (yang) Murni menjadi momen penting bagi sebagian besar masyarakat Tionghoa di berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia. Pada perayaan ini, keluarga dan kerabat berkumpul untuk mengunjungi sekaligus merawat makam leluhur mereka sebagai tanda penghormatan dan penghargaan.

Di tengah semangat memperingati leluhur, Taman Makam Yayasan Sinar Bumi Jonggol yang berlokasi di wilayah Jonggol, Jawa Barat mempersiapkan diri untuk menyambut peziarah dalam perayaan Ceng Beng.



Untuk tahun ini, prosesi Ceng Beng dimulai 21 Maret, yang puncak atau terakhirnya akan jatuh pada 4 April, berdasarkan perhitungan kalender matahari.

Taman Makam Sinar Bumi Jonggol adalah salah satu tempat peristirahatan terakhir yang tenang karena kerimbunan alamnya. Dikelilingi oleh hamparan pepohonan hijau yang rindang dan hamparan tanah berkontur lereng perbukitan, taman makam ini mmemberikan suasana yang damai bagi para peziarah yang datang.

Suasana hening bagi mereka yang tiba di awal hari menjadi pengiring saat keluarga-keluarga berkumpul untuk mengenang dan mendoakan leluhur mereka. Pengurus Yayasan Sinar Bumi menyebut kalau berdasarkan pengalaman selama ini, akhir pekan (Sabtu dan Minggu) merupakan hari-hari yang paling ramai peziarah.

“Dalam rangka menyambut datangnya hari tersebut, Taman Makam Yayasan Sinar Bumi Jonggol Melakukan persiapan untuk menyambut para peziarah yang diperkirakan memadati lokasi,” ujar Aprianus Charles, perwakilan Pengurus Yayasan Sinar Bumi Jonggol di Jonggol, Bogor, Selasa (26/3/2024).

“Persiapan tersebut termasuk pembersihan areal umum, penataan lahan, serta pengaturan fasilitas parkir dan akses bagi peziarah. Semua ini dilakukan untuk memastikan kunjungan para peziarah berjalan lancar,” katanya.

Bagi mereka yang akan berziarah, ada tiga persiapan untuk dibawa ke makam:
1. Perlengkapan yang baru/bersih untuk merapikan kuburan
2. Penyembahan berupa dupa dan kertas dupa ataupun persembahan sebagai simbolisasi hadiah
3. Makanan dan minuman yang dinikmati bersama

Di sisi lain ada juga keriuhan dari kegiatan yang terjadi selama Ceng Beng, yang juga membawa makna yang mendalam. Perayaan ini mengingatkan para kerabat akan keterhubungan antara generasi masa lalu, masa kini, dan masa depan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1685 seconds (0.1#10.140)