Pemudik Tujuan Sumatera di Terminal Bekasi Meningkat 20 Persen

Minggu, 24 April 2022 - 14:26 WIB
loading...
Pemudik Tujuan Sumatera di Terminal Bekasi Meningkat 20 Persen
Pemudik dengan tujuan Pulau Sumatera di Terminal Induk Kota Bekasi meningkat 20 persen. Foto/MPI/Jonathan Simanjuntak
A A A
JAKARTA - Selain lonjakan penumpang di Terminal Kalideres, Jakarta Barat, kenaikan pemudik di Terminal Induk Kota Bekasi mulai terjadi menjelang lebaran Idul Fitri 1443 Hijriyah. Kenaikan meningkat khususnya untuk bus pengangkut mengarah Pulau Sumatera.

Berdasarkan pantauan SINDOnews di lokasi, aktivitas di Terminal ini mulai terlihat meningkat dari sepekan sebelumnya. Kali ini beberapa penumpang yang menaiki bus terlihat menjinjing tas-tas berukuran besar dan benda-benda lainnya.

Sementara, beberapa penumpang lainnya terlihat berangkat bersama anggota keluarganya. Tak hanya armada bus, aktivitas kendaraan pengangkut seperti travel juga terlihat beraktivitas di Terminal yang berada di Jalan IR H Juanda, Bekasi Timur, Kota Bekasi tersebut.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Bekasi Dadang Ginanjar mengatakan, meski ada kenaikan jumlahnya belum terlalu signifikan. Bahkan menurutnya, belum ada kenaikan berarti pada penumpang bus mengarah ke Jawa.

”Sampai hari ini memang belum terlihat terjadi lonjakan, mungkin kalo dari data kami yang ke Sumatera sekitar 20 persenan sudah mulai ada peningkatan,” kata Dadang Terminal Bekasi, Minggu (24/4/2022).



Menurutnya, Terminal Kota Bekasi bisa memberangkatkan sekitar 1.200 penumpang satu harinya apabila pada masa mudik lebaran. Namun, hingga hari ini pihaknya baru mencatat memberangkatkan sebanyak 400an pemudik.

Namun, Dadang menjelaskan, pihaknya telah dikerahkan untuk mengantisipasi adanya lonjakan pemudik yang diprediksi mulai terjadi pada Kamis pekan depan. Armada bus juga dipersiapkan apabila nantinya penumpang membeludak.

”Armada bus yang reguler itu hampir 240an lah, tentunya jika terjadi lonjakan biasanya ada bantuan baik dari Primajasa, Mayasari kita siapkan. Intinya pasokan bus untuk mudik sudah kita siapkan,” tandasnya.
(ams)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5136 seconds (0.1#10.140)