917 Satpol PP DKI Diterjunkan Awasi Protokol Kesehatan di 153 Pasar Tradisional

Selasa, 16 Juni 2020 - 09:32 WIB
loading...
917 Satpol PP DKI Diterjunkan Awasi Protokol Kesehatan di 153 Pasar Tradisional
Petugas pengelola pasar membawa poster imbauan saat berkampanye pencegahan Covid-19 di Pasar Jatinegara, Jakarta, beberapa waktu lalu. Foto:Antara/Aditya Pradana Putra/nz
A A A
JAKARTA - Satpol PP DKI Jakarta menerjunkan 917 personel untuk menjaga 153 pasar tradisional yang dikelola Perumda Pasar Jaya. Sedikitnya enam personel Satpol PP disiagakan di setiap pasar, yang bertugas mengawasi pelanggaran protokol kesehatan Covid-19.

Kepala Satpol PP DKI Jakarta, Arifin, mengatakan, ratusan petugas yang berjaga di pasar tradisional tentunya akan mengawasi dan mengecek apakah pengelola pasar tersebut sudah menerapkan protokol kesehatan Covid-19 dengan benar atau tidak.

"Kami akan tindak tegas apabila pengelola gedung tidak melaksanakan protokol kesehatan Covid-19," ujar Arifin kepada wartawan, Selasa (16/6/2020). (Baca juga Infografis: Pasar Jadi Kluster Baru Penularan Covid-19 di DKI Jakarta)

Selain memantau pengelola dalam menerapkan protokol kesehatan, kata Arifin, personel Satpol PP juga membatasi jumlah pengunjung maksimal 50% dari kapasitas biasa. Warga juga harus diperiksa suhu tubuhnya, membersihkan tangan dengan air bersih atau hand sanitizer, wajib memakai masker, dan ketentuan peotokol kesehatan lainnya.

Ketentuan pengelola pasar untuk menerapkan buka kios dengan ganjil genap sesuai tanggal untuk mematuhi physical distancing atau menjaga jarak pengunjung agar tidak menumpuk di satu tempat, juga harus dilakukan. (Baca juga: 51 Pedagang Positif Covid-19, Perumda Pasar Jaya Tutup 19 Pasar Tradisional)

"Sesuai dengan aturan, sanksinya denda Rp250 ribu bagi pelanggar. Di pasar ini sangat rentan sekali terjadi penularan covid-19, karena orangnya banyak. Protokolnya harus dipenuhi," pungkasnya.
(thm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1955 seconds (0.1#10.140)