Tak Jauh dari Jakarta, Ini Jumlah Desa di Bogor, Tangerang, dan Bekasi

Senin, 21 Februari 2022 - 01:32 WIB
loading...
Tak Jauh dari Jakarta, Ini Jumlah Desa di Bogor, Tangerang, dan Bekasi
Kantor Desa Mangunjaya, Tambun Selatan, salah satu desa yang ada di Kabupaten Bekasi.Foto/SINDOnews/Wahab Firmansyah
A A A
JAKARTA - Bogor , Tangerang, dan Bekasi , tiga nama kota ini pastinya akrab di telinga kita. Ketiga kota ini merupakan bagian dari kota-kota besar di Indonesia.

Namun, tahukah Anda di Bogor, Tangerang , dan Bekasi ini sistem pemerintahan terkecil di wilayah tersebut masih ada yang berbentuk desa. Lalu berapa jumlah desa di wilayah Bogor, Tangerang, dan Bekasi?.

Sebelum SINDOnews memberikan informasi jumlah desa di tiga wilayah tersebut. Perlu diketahui perbedaan desa dan kelurahan. Dilansir dari sejumlah sumber, desa merupakan susunan pemerintahan terkecil dan terendah yang berkaitan langsung dengan warga negara.

Desa adalah institusi dan identitas masyarakat hukum tertua yang bersifat asli. Sedangkan, kelurahan adalah pembagian wilayah administratif di Indonesia. Kelurahan merupakan wilayah kerja lurah sebagai perangkat daerah kabupaten atau kota.

Kelurahan dipimpin oleh seorang lurah yang berstatus sebagai Pegawai Negeri Sipil. Kelurahan merupakan unit pemerintahan terkecil setingkat dengan desa.

Berbeda dengan desa, kelurahan memiliki hak mengatur wilayahnya lebih terbatas. Dalam perkembangannya, sebuah desa dapat diubah statusnya menjadi kelurahan, atau sebaliknya. Baca: Waspada! Jalan Rusak di Kota Bekasi Tersebar di 61 Titik

Jumlah desa di wilayah Tangerang, Bogor, dan Bekasi mencapai ratusan. Di Kabupaten Tangerang yang memiliki luas wilayah mencapai 95.961 hektare atau 959,61 km² jumlah desa ada sebanyak 246 yang tersebar di 29 kecamatan.

Kecamatan terbanyak yang memiliki desa yakni, Kecamatan Teluknaga dan Pakuhaji sebanyak 13. Selanjutnya Kecamatan Tigaraksa, Rajeg, dan Cikupa , 12 desa. Serta Kecamatan Cisoka, Jambe, Kronjo, Legok, dan Pagedangan yang memiliki masing-masing 10 Desa.

Di Kabupaten Bogor yang memiliki luas ± 2.664 km² ada sebanyak 417 desa yang tersebar di 40 kecamatan. Kecamatan yang memiliki desa terbanyak yakni, Kecamatan Jasinga sebanyak 16 desa, Kecamatan Cigudeg, Pamijahan, Cibungbulang, dan Cigudeg yang masing-masing memiliki 15 desa. Serta Kecamatan Jonggol dan Rumpin yang masing-masing memiliki 14 desa.

Adapun di Kabupaten Bekasi yang memiliki luas wilayah 1.224,88 km² terdapat 180 desa di 23 kecamatan. Kecamatan terbanyak yang memiliki desa yakni, Pebayuran sebanyak 12 desa. Selanjutnya, Cikarang Utara dan Setu masing-masing 11 desa. Kecamatan Cikarang Barat sebanyak 10 desa dan Tambun Selatan 9 desa.
(hab)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1416 seconds (0.1#10.140)