Serap Aspirasi, Ketua Demokrat Jakarta Temui Perwakilan Pedagang Warteg dan Ojol

Selasa, 08 Februari 2022 - 09:33 WIB
loading...
Serap Aspirasi, Ketua Demokrat Jakarta Temui Perwakilan Pedagang Warteg dan Ojol
Ketua DPD Partai Demokrat DKI Jakarta, Mujiyono menemui sejumlah perwakilan komunitas warga.Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Ketua DPD Partai Demokrat DKI Jakarta, Mujiyono menemui sejumlah perwakilan komunitas warga di salah satu hotel di Jakarta Pusat. Silaturahmi politik dengan komunitas warga ini dilakukan dalam rangka menyerap aspirasi masyarakat yang akan diperjuangkan bersama Partai Demokrat.

Komunitas warga itu antara lain, Paguyuban Pedagang Warteg dan Kaki Lima se-Jakarta dan Sekitarnya (Pandawakarta) hingga Paguyuban Ojek Online (Ojol). "Karena kasus Covid-19 tinggi kembali, beberapa pertemuan dengan komunitas warga ini melalui zoom meeting. Ada juga yang bertemu langsung untuk memperjuangkan aspirasinya melalui Partai Demokrat. Ini salah satu langkah kami dalam membuka saluran komunikasi dengan masyarakat," kata Mujiyono dalam keterangan tertulis, Selasa (8/2/2022).

Menurut dia, komunitas warga yang siap berkolaborasi dengan Partai Demokrat DKI Jakarta adalah Pandawakarta hingga ojek online.
Komunitas ojol ini datang dari beragam latarbelakang. Ada yang aktif dalam hal keagamaan, sosial dan lainnya. Bahkan, salah satu dari mereka siap membentuk organisasi sayap Partai Demokrat untuk menampung kader dan simpatisan dalam kegiatan keagamaan.

"Ini bukti bahwa Demokrat tetap konsisten menjalankan program kerja sebagai partai nasionalis dan religius," ujarnya.

Di sisi lain, lanjut Mujiyono, Partai Demokrat DKI juga menyerap aspirasi dari Pandawakarta, sebuah organisasi atau perkumpulan yang beranggotakan para pedagang warung makan Tegal, pedagang kaki lima dan pedagang kecil lainnya.

Anggota Pandawakarta ini, menjalankan usaha mikro yang sejalan dengan program Partai Demokrat yakni memberdayakan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).

"Tempat usaha mereka ada wilayah Jabodetabek. Kebanyakan mereka berasal dari Kabupaten Tegal, Kota Tegal, dan Kabupaten Brebes, serta Kabupaten Pemalang. Aspirasi yang mereka sampaikan siap kita perjuangkan agar kehidupan mereka nantinya lebih sejahtera," tegasnya.

Ketua pengurus Pandawakarta, Puji Hartoyo mengaku siap berkolaborasi dengan Partai Demokrat. Menurutnya, anggota Pandawakarta mencapai 72.000 pedagang yang terdiri dari warteg 31.000, bubur ayam 11.000, nasi goreng 12.000, ketoprak 8.000 dan 10.000 pedagang lainnya.

"Saat ini, Pandawakarta adalah organisasi induk dengan subordinasi di bawahnya ada Koperasi Warteg (Kowarteg) dan Koperasi pedagang kaki lima (Koprima). Sedangkan anggota resmi yang terdaftar di Pandawakarta adalah 2.930, yang terdiri untuk kategori warteg 2.100 dan 820 untuk pedagang kaki lima," ucapnya.
(hab)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1925 seconds (0.1#10.140)