Buka Mulai 16 Juni, Begini Protokol Pengunjung Masuk Mal di Kota Depok

Jum'at, 12 Juni 2020 - 10:44 WIB
loading...
Buka Mulai 16 Juni, Begini Protokol Pengunjung Masuk Mal di Kota Depok
Petugas mal di Depok melakukan pembersihan area gedung. Foto: SINDOnews/R Ratna Purnama
A A A
DEPOK - Sejumlah pusat perbelanjaan modern (mal) di Kota Depok sedang berbenah untuk menghadapi era new normal. Pengelola mal melakukan pembersihan seluruh area gedung serta melengkapi sejumlah alat deteksi suhu tubuh.

Pemerintah Kota Depok berencana membuka kembali seluruh pusat perbelanjaan di Kota Depok mulai Selasa (16/6/2020) atau setelah Pembatasan Sosial Kampung Siaga Covid-19 (PSKS) selesai. (Baca: PSBB Berakhir, Restoran di Depok Buka Mulai Besok Mal Paling Cepat 16 Juni)

Kabar itu pun disambut baik para pengelola pusat perbelanjaan di Depok, salah satunya Margo City. Namun, mal ikonik Depok itu baru beroperasi sehari setelah Pemkot Depok membuka kembali pusat perbelanjaan Selasa depan.

“Berdasarkan surat keputusan gubernur bahwa mal itu boleh operasional mulai 16 Juni, tapi kita di Margo City baru buka pada 17 Juni. Itu antisipasi kami agar antisipasi visitor kami itu bisa teredam dulu, tidak terlalu terburu-buru untuk datang ke mal. Prioritas kami ada dua, pertama mendukung pemerintah menekan angka penyebaran Covid-19, serta memberikan rasa aman dan nyaman bagi visitor kami nanti,” kata Marcom Manager Margo City, Reza Ardiananda ditemui di Margo City, Jumat (12/6/2020).

Pihaknya akan menjalankan protokol kesehatan ketika mal dibuka pada Rabu (17/6) mendatang. Setiap pengunjung wajib melakukan cek suhu tubuh melalui alat deteksi yang telah disiapkan di pintu masuk. Seluruh pengunjung juga diwajibkan memakai masker.

“Kami memiliki alat cek suhu tubuh terbaru. Dimana mereka tinggal mengakat tangan mereka dan suhu langsung terbaca. Di situ ketika suhunya di bawah 37,3 semua pengunjung diizinkan masuk. Di dalam mal kami menyiapkan Tim Gugus Covid, itu basicly. Mereka akan menjaga selalu physical distancing dan cuci tangan di semua area yang ada di Margo City ini,” ucapnya. (Baca: 15 Juni 2020, 80 Pusat Perbelanjaan di Jakarta Dibuka Serentak)

Margo City juga sudah memiliki prosedur penanganan jika ada pengunjung yang pingsan ketika berada dalam mal. Pengunjung yang pingsan atau dengan kondisi tertentu akan dibawa ke ruang isolasi. “Protokol kami, petugas yang menangani itu akan menggunakan baju APD lengkap. Apapun kondisi dari pengunjung ketika dia jatuh petugas kami akan menggunakan APD lengkap dan akan membawa ke ruang isolasi,” katanya.

Pihaknya juga akan memperhatikan kuota pengunjung. Sesuai ketentuan, hanya diperbolehkan 50 persen saja dari kondisi normal. Termasuk menjaga jarak di area food court.

“Tentunya di dalam itu akan kita batasi dari jumlah tempat duduk. Dimana tempat duduk yang kita sediakan itu sudah pasti 50 persen dari sebuah restoran ataupun food court dan tempat duduk itu tidak bisa dipindahkan dari visitor atau pengunjung kami. Jadi kami mau menjamin kenyamanan dan kesehatan mereka pun terjaga di area food court dan restoran,” pungkasnya.

(thm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2296 seconds (0.1#10.140)