Posyandu Edelweis Mahogany Residence Depok Fasilitasi Vaksin Covid-19 untuk Anak

Sabtu, 22 Januari 2022 - 14:32 WIB
loading...
A A A
Ketua RW 013 Mashuri Ibrahim mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung kegiatan vaksin gratis ini, sehingga bisa berjalan lancar. Terutama para dokter, tenaga medis, dan panitia yang telah dengan suka rela menyumbangkan tenaga dan fikiran untuk kegiatan vaksin ini.

Begitu juga kepada semua warga yang telah antusias sejak pagi mengikuti kegiatan ini. Terutama orang tua yang telah mendorong dan mengantarkan putra- putrinya mengikuti program vaksin ini.

“Kami berharap semua warga, terutama yang belum ikut vaksin Covid-19 ini agar bisa ikut vaksin, di mana pun demi kesehatan dan kenyamanan bersama. Sebagaimana disampaikan pemerintah bahwa manfaat vaksin di antaranya adalah untuk kekebalan dan sebagai upaya mencegah penyakit menular. Jika semua sudah vaksin, tentu ini juga akan menambah kenyamanan warga sini dari kekhawatiran tertular Covid-19,” ungkapnya.

Selain vaksinasi, ke depan akan ada beberapa program lain untuk mendukung kesehatan warga yang dikoordinasikan oleh Kader Penggerak PKK dan Posyandu. Untuk Posyandu sendiri tujuan utamanya memudahkan masyarakat memperoleh pelayanan dasar kesehatan.

Kegiatannya antara lain pelayanan kesehatan ibu dan anak, keluarga berencana, pelayanan gizi, imunisasi, edukasi perilaku hidup bersih dan sehat, mendukung kesehatan bayi dan balita untuk mencegah stunting, dan lainnya.

Apalagi untuk menekan angka stunting, Kota Depok juga mencanangkan program Depok Sukses Bebas Stunting Mewujudkan Kota Ramah Anak (D’Sunting Menara). Program ini merupakan upaya untuk menciptakan generasi penerus bangsa yang cerdas di masa depan. Target Zero Stunting juga selaras dengan Rancanangan Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Provinsi Jawa Barat (Jabar) Tahun 2023.

Dhyani menambahkan, terkait kesehatan warga ke depan pihaknya juga akan mengadakan kegiatan Pos Binaan Terpadu (POSBINDU), terutama untuk kegiatan monitoring dan deteksi dini kesehatan dan faktor risiko penyakit bagi warga, termasuk bagi remaja. Selain itu, juga ada program lain untuk menunjuang kesehatan warga, di antaranya melalui kegiatan olahraga bersama, senam, dan lainnya.

“Di sini juga ada klub pesepeda, senam ibu-ibu PKK, dan lainnya. Tetapi karena pandemi Covid-19, sementara ini kita off dan ke depan jika situasi sudah kondusif, akan kita aktifkan lagi. Termasuk juga kegiatan pembinaan keagamaan yang dipusatkan di masjid melalui taklim yang sebelumnya juga banyak diikuti oleh warga dari luar Mahogany Resindece,” ujarnya.

Mahogany Residence merupakan kawasan perumahan yang terletak di Jalan Raya Alternatif Cibubur, Harjamukti, Cimanggis, Depok. Luas Mahogany Residence sekitar 12 hektare yang terdiri 310 kepala keluarga.

Di wilayah ini terdapat 7 RT dengan jumlah penduduk sebanyak 780 warga. “Walaupun di sekitar perumahan ini sudah banyak tersedia faslitas kesehatan dan rumah sakit besar, namun untuk memudahkan warga, kita aktifkan kegiatan Posyandu ini untuk menjembatani tugas dan fungsi pemerintah, terutama terkait layanan dasar masyarakat di bidang kesehatan selain melalui Puskesmas yang ada,” pungkasnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1947 seconds (0.1#10.140)