Pengmas Vokasi UI Hadirkan Jejaring Khusus untuk Perajin Rajutan di Depok

Selasa, 28 Desember 2021 - 13:56 WIB
loading...
Pengmas Vokasi UI Hadirkan Jejaring Khusus untuk Perajin Rajutan di Depok
Program pengabdian masyarakat Vokasi UI mendorong perajin rajutan di Kota Depok agar berinovasi sehingga dapat bertahan dalam menjalankan usahanya di tengah pandemi. Foto: SINDOnews/Ist
A A A
DEPOK - Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat Universitas Indonesia (DRPM UI) melalui kegiatan pengabdian masyarakat terus mendorong pelaku UKM di Kota Depok agar berinovasi sehingga dapat bertahan dalam menjalankan usahanya di tengah pandemi.

Salah satu inovasi yang dihasilkan dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah prototipe situs jual beli daring bernama DeRAJUT (Depok Rajut). Situs ini akan menjadi wadah jual beli khusus produk rajut pertama di Indonesia.



“Saya menangkap suatu kesamaan problem yang terdapat di kalangan produsen dan konsumen, yaitu tidak adanya suatu wadah khusus untuk berjejaring dan bertransaksi antar penikmat produk rajutan,” ungkap Co-Creator DeRAJUT Gracello Yeshua Davny B Turnip, dalam keterangannya. Selasa (28/12/2021).

Gracello melihat perajin menyambut prototipe ini dengan sangat antusias dan mengharapkan adanya kelanjutan pengembangan dari situs DeRAJUT.

“Saya senang sekali ketika melihat animo teman-teman perajin untuk mendukung pengembangan situs ini. Saya yakin bahwa fitur-fitur yang terdapat di DeRAJUT ini bisa membantu UMKM rajut di Kota Depok ini untuk melompat lebih jauh dan bahkan mungkin bisa mendunia. Kualitas produk UMKM rajut ini sudah sangat baik, karena itu DeRAJUT hadir menjembatani market dan creator,” katanya.

Pengmas Vokasi UI Hadirkan Jejaring Khusus untuk Perajin Rajutan di Depok


Rahmi Setiawati selaku ketua pengmas mengatakan, kegiatan ini bertujuan memberikan pengetahuan tentang mengembangkan produk yang kreatif. Pelaku UKM diberi wadah marketplace untuk mengembangkan pemasaran produknya.

“Dampak program ini akan dapat dirasakan secara langsung manfaatnya, baik secara mikro yaitu peningkatan kemandirian dan kesejahteraan keluarga, dan secara makro mermberikan peningkatan ekonomi dan sosial bagi masyarakat,” kata Ketua Program Studi Produksi Media Vokasi UI ini.

Menurut Rahmi, kegiatan pengabdian masyarakat melalui pendekatan community development, akan menciptakan kapasitas sumber daya manusia, khususnya para ibu rumah tangga dalam menghasilkan kreativitas dan produk unggulan, sehingga dapat meningkatkan perekonomiannya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1935 seconds (0.1#10.140)