Waspada Banjir di Jakarta, Rescue Perindo: Cuaca Ekstrem, Warga Harus Cermat, Petugas Gerak Cepat

Jum'at, 24 Desember 2021 - 15:52 WIB
loading...
Waspada Banjir di Jakarta, Rescue Perindo: Cuaca Ekstrem, Warga Harus Cermat, Petugas Gerak Cepat
Ketua Umum Rescue Perindo Adin Denny. Foto/Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Rescue Perindo mengingatkan warga Jakarta Selatan dan Jakarta Timur untuk waspada terhadap cuaca ekstrem disertai banjir, menyusul peringatan dini Waspada Banjir yang diterbitkan BPBD DKI Jakarta pada Jumat (24/12/2021).

”Rescue Perindo mengimbau kepada masyarakat Jakarta, khususnya untuk waspadamenghadapi cuaca ekstrem dan dampak banjir,” ujar Ketum Rescue Perindo Adin Denny, Jumat (24/12/2021).

Menurut dia, meskipun cuaca Jakarta terlihat cerah, namun memasuki siang hingga malam dalam beberapa hari terakhir ini, curah hujan dengan intensitas tinggi disertai angin kencang kerap memporak-porandakan Jakarta.”Bahkan, terjadi puting beliung dan sebagian hujan es,” ucapnya.

Selain itu, Adin meminta suku dinas Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk gerak cepat melakukan antisipasi banjir saat dan pasca-turun hujan.

Petugas berlipat harus diturunkan segera pada titik-titik terpusat banjir dan mengatasi secepatnya agar genangan air tidak semakin meninggi serta melebar dan dapat menyebabkan banjir di jalan-jalan utama dan permukiman warga.”Perlu dicermati adalah banjir yang menggenangi rumah warga dan jalan umum yang sering menyebabkan kemacetan panjang,” ujarnya.

Tak hanya itu, patut pula untuk mengantisipasi kiriman debit air dari Bogor yang kerap menjadi momok banjir di Jakarta. Pasalnya, Bogor merupakan hulu yang memuntahkan air kiriman dari Bendungan Katulampa, sedangkan Jakarta berada di hilir atau dataran rendah yang menerima transfer air kiriman dari Bogor.

”Awas kiriman air dari Bogor dan yang jelas berdampak kepada Jakarta, ini yang perlu diwaspadai juga. Masyarakat pun harus sedini mungkin mendapatkan informasi terkait tinggi air debit yang berstatus waspada,” ungkap Adin.

Pagi tadi, BPBD Provinsi DKI Jakarta mengumumkan peringatan dini terkait cuaca ekstrem di DKI Jakarta pada Jumat, 24 Desember 2021.”Perlu diwaspadai potensi Banjir pada tanggal 24 Desember 2021 di wilayah DKI Jakarta yakni Jakarta Selatan dan Jakarta Timur dengan status: WASPADA BANJIR,” tulis @bpbddkijakarta dalam akun Instagramnya (24/12/2021).
(ams)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1902 seconds (0.1#10.140)