Antisipasi Omicron, DKI Jakarta Batasi Orang Luar Masuk

Kamis, 09 Desember 2021 - 11:35 WIB
loading...
Antisipasi Omicron, DKI Jakarta Batasi Orang Luar Masuk
Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria (Ariza) memastikan sudah disiapkan sejumlah langkah mengantisipasi masuknya varian baru Covid-19 Omicron. Foto: Ilustrasi/SINDOnews/Dok
A A A
JAKARTA - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria (Ariza) memastikan hingga kini belum ada temuan varian virus corona B.1.1.529 atau Omicron di Ibu Kota. Meski demikian, sejumlah langkah sudah disiapkan untuk mengantisipasi masuknya varian baru Covid-19 itu.

"Banyak cara. Tentu pembatasan orang yang datang dari luar negeri, dari daerah dan lain-lain. Kita tingkatkan sarana dan prasarana, fasilitas, dan tenaga kesehatan, serta yang paling penting adalah vaksin dan protokol kesehatan," ujar Ariza, Kamis (9/12/2021).

Baca juga: Pfizer: Vaksin Booster Beri Pertahanan Efektif dari Varian Omicron

Ariza mengatakan sudah mengecek adanya informasi kasus Omicron ditemukan di Jakarta. Hasilnya memang nihil.

"Itu kan informasi dari Kabupaten Bekasi. Namun demikian, setelah kami cek melalui Dinas Kesehatan, sampai tadi belum ada. Mudah-mudahan tidak ada," kata Ariza.

Baca juga: DKI Tindaklanjuti Kabar 4 Warga Diduga Terpapar Covid-19 Omicron



Berdasarkan klarifikasi terakhir Dinas Kesehatan DKI ke Litbangkes Kementerian Kesehatan RI pada Rabu 8 Desember 2021 pukul 14.30, dipastikan belum ditemukan varian baru Omicron di Jakarta.

Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Widyastuti menyampaikan, pihaknya secara aktif melakukan pemeriksaan Whole Genome Sequencing (WGS) setiap harinya untuk mendeteksi varian virus corona.

“Setidaknya sudah 2.500 spesimen diperiksa dan 40 persen di antaranya adalah variant of concern. Sejauh ini tidak ditemukan varian Omicron," tegasnya.
(thm)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1869 seconds (11.97#12.26)