4.218 Personel Polri/TNI Diterjunkan Antisipasi Keramaian Reuni 212 di Monas

Kamis, 02 Desember 2021 - 00:16 WIB
loading...
4.218 Personel Polri/TNI Diterjunkan Antisipasi Keramaian Reuni 212 di Monas
Sebanyak 4.218 personel gabungan dari Polri/TNI dan Pemprov DKI disiagakan untuk mengamankan aksi Reuni 212 pada Kamis (2/12/2021).Foto/SINDOnews/Komaruddin Bagja Arjawinangun
A A A
JAKARTA - Sebanyak 4.218 personel gabungan dari Polri/TNI dan Pemprov DKI disiagakan untuk mengamankan aksi Reuni 212 pada Kamis (2/12/2021). Ribuan personel gabungan ini pun telah menggelar apel di kawasan Monas, Jakarta Pusat.

Kasubag Humas Polres Metro Jakarta Pusat AKP Sam Suharto mengatakan, pengamanan dibuat berlapis dengan gabungan TNI,Polri hingga Pemprov DKI."Ada sebanyak 4.218 personel TNI, Polri dan Pemda," kata Sam kepada wartawan, Rabu (1/12/2021).

Sementara itu, Karoops Polda Metro Jaya Kombes Marsudianto menuturkan, pengamanan ini merupakan bentuk operasi kemanusiaan, yakni menyelamatkan warga dari penyebaran Covid-19.

"Karena pandemi belum selesai. Penularan Covid-19 masih ada," kata Marsudianto saat Apel Gelar Pasukan. Marsudianto menilai, kegiatan Reuni 212 bukan merupakan penyampaian pendapat di muka umum layaknya demo biasa lainnya.

"Ini adalah kegiatan keramaian," jelas Marsudianto. Kegiatan ini juga dianggap Marsudianto tidak sesuai dengan Pasal 510 KUHP yakni mengadakan keramaian di muka umum. Sehingga, tindakan tegas dan ancaman pembubaran tengah dilakukan.

"Kami akan berikan peringatan dan imbauan. Kalau mereka tak mengindahkan kami melajukan tindakan selanjutnya dan kegiatan pendorongan," ujarnya. Dia memastikan, tindakan proses hukum bakal dilakukan secara terukur. Baca: Masjid Az-Zikra Sentul Tolak Reuni 212, Ini Sebabnya



"Kami menekankan sinergi dan pengamanan secara berlapis," ucapnya.Sebelumnya diberitakan, Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya melakukan filterisasi terhadap seluruh kendaraan yang mengarah ke kawasan Bundaran Patung Kuda dan Monas, Jakarta Pusat. Kebijakan itu guna mengantisipasi kerumunan massa Reuni 212.

Aparat berjaga di seluruh pintu masuk ke Jakarta, seperti di Jalan Kalimalang, Pasar Jumat, Lenteng Agung, Jalan Raya Bogor, Batu Ceper, dan Jalan Daan Mogot. Selain di sejumlah lokasi tersebut, filterisasi juga dilakukan di sejumlah titik, seperti Jalan Semanggi, Jenderal Sudirman, dan MH Thamrin.

Sementara itu, jalur protokol sekitar Patung Kuda dan Monas saat ini ditutup, meliputi Jalan Merdeka Selatan, Jalan Merdeka Utara, Jalan Merdeka Barat, Jalan Budi Kemuliaan, Jalan Veteran, dan Jalan Museum. Penutupan jalan berlaku mulai Rabu pukul 24.00 WIB sampai Kamis (2/12/2021) pukul 21.00 WIB.
(hab)
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1783 seconds (10.101#12.26)