Profil Ketua Umum Pemuda Pancasila Japto Soerjosoemarno yang Punya Hobi Berburu

Jum'at, 26 November 2021 - 17:05 WIB
loading...
Profil Ketua Umum Pemuda Pancasila Japto Soerjosoemarno yang Punya Hobi Berburu
Ketua Umum Majelis Pimpinan Nasional (MPN) Pemuda Pancasila (PP) Japto Soelistyo Soerjosoemarno. Foto: Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Ketua Umum Majelis Pimpinan Nasional (MPN) Pemuda Pancasila (PP) Japto Soelistyo Soerjosoemarno merupakan tokoh sentral di organisasi kemasyarakatan ( ormas ) tersebut. Selain aktif di ormas PP, Japto juga aktif di organisasi FKPPI (Forum Komunikasi Putra-Putri Purnawirawan dan Putra-Putri ABRI).

Dikutip dari berbagai sumber, Jumat (26/11/2021), Japto terlahir dari pasangan Mayor Jenderal (Purn) Ir KPH (Kanjeng Pangeran Haryo) Soetarjo Soerjosoemarno dan Dolly Zegerius. Sang ayah adalah keturunan ningrat dari Mangkunegara dan sang ibu adalah seorang Belanda yang pernah menjadi atlet nasional Indonesia dari cabang bridge. Japto merupakan adik kandung K.R.Ay (Kanjeng Raden Ayu) Marini Soerjosoemarno, aktris senior Indonesia.
Baca juga: Junimart Minta Pemuda Pancasila Ditertibkan, Bamsoet: Hati-hati Kalau Berucap

Di dunia politik, dia menjabat Ketua Umum DPP Partai Patriot. Di samping bergelut di dunia politik, Japto juga sosok penyayang dan pelestari binatang. Namun, dia pun memiliki hobi berburu yang dapat dilihat dari trofi diperolehnya dari Big Five di Afrika.

Dalam sebuah kesempatan di Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) dan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Pemuda Pancasila 2021 dengan mengambil tema “Meneguhkan Kembali Nilai-nilai Pancasila Dalam Rangka Membangun Kader Yang Nasionalis, Berperan Aktif dan Siap Bersaing Mewujudkan Indonesia Yang Lebih Maju”, Japto berpesan pada kader Satuan Siswa, Pelajar, dan Mahasiswa (Sapma) PP tetap memerhatikan pendidikan.

“Sapma PP dibentuk berdasarkan unsur pendidikan. Saya minta jangan pernah melupakan sejarah. Semoga hasil kegiatan ini membesarkan Sapma PP dan lebih membesarkan Pemuda Pancasila," ujar Japto, Sabtu (6/11/2021).
Baca juga: Sejarah Berdirinya Ormas Pemuda Pancasila yang Dibidani Para Jenderal TNI

Pemuda Pancasila memang salah satu ormas tertua di Tanah Air. Ormas PP dideklarasikan berdiri pada 28 Oktober 1959 di Jakarta. Adalah Ikatan Pendukung Kemerdekaan Indonesia (IPKI) yang membidani kelahiran ormas tersebut. IPKI merupakan sayap politik dari para petinggi militer yang masih aktif dalam kedinasan saat itu. Tokoh-tokoh pendirinya sebagian merupakan jenderal TNI di antaranya A Yani, AH Nasution, dan Gatot Subroto.

(jon)
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2269 seconds (11.210#12.26)