4 Jenis Begal Brutal yang Meresahkan, Nomor 3 Sangat Sensitif dan Melecehkan

Kamis, 11 November 2021 - 17:16 WIB
loading...
4 Jenis Begal Brutal yang Meresahkan, Nomor 3 Sangat Sensitif dan Melecehkan
Aksi begal sangat meresahkan warga Jabodetabek. Pelaku biasanya lebih dari 2 orang dan berkomplot mencari korbannya di jalanan. Foto: Ilustrasi/Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Aksi begal sangat meresahkan warga Jabodetabek. Pelaku biasanya lebih dari 2 orang dan berkomplot mencari korbannya di jalanan. Mereka memegang senjata tajam seperti celurit, golok hingga pedang.

Jika korban melawan, pelaku begal tak segan-segan melukainya bahkan sampai membunuh. Dari berbagai aksi kejahatan jalanan , setidaknya ada 4 jenis begal brutal meresahkan di Jabodetabek yang berhasil dihimpun dari berbagai sumber, Kamis (11/11/2021).
Baca juga: Viral! Aksi Heroik 2 Perempuan Kejar Begal HP di Komplek Perumahan

1. Begal Motor
Begal sepeda motor pelakunya cenderung membawa senjata tajam dan tujuannya mengambil paksa kendaraan milik korban. Dalam beraksi pelaku tidak mengenal tempat. Umumnya pengendara motor di malam hari yang menjadi incarannya.
Salah satu aksi begal motor yang cukup sadis terjadi di Kampung Babakan, Jalan Raya Mustikasari, Kelurahan Mustikasari, Kecamatan Mustikajaya, Kota Bekasi, September 2021. Korbannya yakni ustaz RM Jamiludin (39), warga Kampung Kaum Utara, Tanjung Sari, Cikarang Utara, Kabupaten Bekasi yang mengalami luka bacokan di pinggang. Motor Yamaha N MAX dibawa kabur komplotan bandit jalanan.

2. Begal Sepeda
Tren begal sepeda baru muncul setelah kegiatan bersepeda berkembang di masyarakat persisnya ketika pandemi Covid-19. Orang bersepeda demi menjaga kebugaran dan kesehatan. Pesepeda umumnya menyelempangkan tas ke belakang dan ini menjadi peluang bagi pelaku kejahatan. Begal yang menggunakan motor menjambret tas korban hingga korban terpental ke jalanan.
Aksi begal sepeda menimpa seorang perwira marinir yang mengalami luka-luka saat bersepeda di kawasan Gambir, Jakarta Pusat, akhir Oktober 2020. Polisi berhasil menangkap dua pelaku yang merupakan warga Senen, Jakarta Pusat.
Begal sepeda juga menyasar ajudan Wakil Menteri Lingkungan Hidup bernama Slamet Supriyadi saat bersepeda di Jalan Latumenten, Tambora, Jakarta Barat, Januari 2021. Handphone (HP) korban dijambret. Usai menerima laporan, polisi langsung bergerak dan berhasil menangkap 6 orang.
Baca juga: Driver Ojol Dibegal Penumpang Bertato di Pademangan

3. Begal Payudara
Begal payudara sudah jelas korbannya adalah wanita dan pelakunya orang iseng. Pelaku yang biasanya beraksi seorang diri mengincar wanita yang berjalan di tempat sepi.
Video viral begal payudara menimpa MN (28), warga Cipayung, Jakarta Timur. Saat itu, korban sedang berjalan di Gang Joky, Cipayung menuju rumahnya, Oktober 2021. Payudaranya tiba-tiba diremas seorang pria yang mengendarai motor.
Satreskrim Polres Metro Jakarta Timur berhasil meringkus pelaku begal payudara bernama Michael Ralou (19) di rumahnya Jalan Taman Mini III, Cipayung, Selasa (19/10/2021) setelah teridentifikasi berdasarkan rekaman CCTV yang menyorot di lokasi kejadian.
4 Jenis Begal Brutal yang Meresahkan, Nomor 3 Sangat Sensitif dan Melecehkan

Begal payudara di Jakarta. Foto: Dok SINDOnews

4. Begal HP
Begal handphone (HP) ini belakangan marak terjadi. Pelaku memanfaatkan kelengahan korban yang sedang main HP. Korbannya tidak hanya orang dewasa, anak kecil pun menjadi mangsanya.
Empat begal HP menyasar Asmin, pria lansia di Jalan Rawa Badak 1, Koja, Jakarta Utara, Mei 2021. Mereka berboncengan membawa dua motor terlihat mondar mandir di depan korban. Salah satu pemuda turun dari motor dan menghampiri belakang korban. Sementara, pemuda lainnya menanyakan alamat. Namun, saat menjawab pemuda yang berada di belakang Asmin langsung menggasak ponsel yang ditaruh di bangku kemudian langsung kabur.
Begal HP lainnya menyasar driver ojek online dan saudara kembarnya di Bintaro, Tangerang Selatan (Tangsel). Karena mempertahankan HP dan dompet, korban mengalami luka dalam bekas sabetan celurit. Polisi yang menerima laporan langsung memburu pelaku. Sebanyak 4 pelaku ditangkap. Semua pelakunya berusia di bawah umur dan berstatus sebagai pelajar.
(jon)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2220 seconds (11.97#12.26)