Selayang Pandang Wajah Baru Taman Ismail Marzuki, dari Gedung Panjang hingga Taman Terbuka

Kamis, 14 Oktober 2021 - 21:38 WIB
loading...
Selayang Pandang Wajah Baru Taman Ismail Marzuki, dari Gedung Panjang hingga Taman Terbuka
Taman Ismail Marzuki (TIM) kini dalam proses revitalisasi untuk menghadirkan wajah baru pusat kesenian dan budaya di Jakarta. Foto: MNC Portal/Jonathan
A A A
JAKARTA - Taman Ismail Marzuki (TIM) tentu sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Jakarta. Kompleks yang dibangun sejak zaman kepemimpinan Gubernur Ali Sadikin tersebut dikenal sebagai pusat kesenian dan kebudayaan yang terletak tepat di pinggir Jalan Cikini IX.

Sekarang, kawasan TIM dalam proses revitalisasi untuk menghadirkan wajah baru pusat kesenian dan budaya di Jakarta. Gagasan mengenai revitalisasi tersebut dicanangkan oleh Gubernur Anies Baswedan pada tahun 2019 silam.


MNC Portal Indonesia berkesempatan melakukan kunjungan untuk melihat lebih dekat bagaimana wajah baru pusat kesenian tersebut nantinya ditampilkan. MNC Portal diberikan waktu mengunjungi seluruh kawasan seluas 8 hektare tersebut.

Kunjungan pertama dilakukan menuju bangunan panjang yang baru saja dibangun semasa programa revitalisasi. Gedung Panjang, seperti namanya memanjang sampai halaman belakang. Nantinya, gedung ini akan menjadi penyambut pengunjung di depan pintu masuk kawasan Taman Ismail Marzuki.

Adalah Andra Martin, penganggas dari konsep dibangunnya gedung berundak sampai lantai 14 tersebut. Konsepnya pun tidak sembarangan. Andra mengadopsi khas ikonik karya Ismail Marzuki dalam desain Gedung Panjang itu.



“Pak Andra Martin pada tahun 2007 silam memenangkan sayembara untuk revitalisasi Taman Ismail Marzuki. Memang baru terealisasi pada tahun 2019,” ujar Officer Pengendalian Biaya dan Waktu di Taman Ismail Marzuki Farhan Hardiputra, Kamis (14/10/2021).

“Desainnya berdasarkan bait lagu Ismail Marzuki yang judulnya Rayuan Pulau Kelapa. Jadi bait tadi diterjemahkan ke not angka dan kemudian dijadikan desain fasadnya,” sambungnya.

Selayang Pandang Wajah Baru Taman Ismail Marzuki, dari Gedung Panjang hingga Taman Terbuka


Gedung Panjang ini nantinya dijadikan salah satu wisma bagi para seniman pada lantai 8. Sementara perpustakaan daerah akan difungsikan mulai dari lantai 3 gedung berundak tersebut. Pada lantai dasar gedung, nantinya disediakan tempat retail para pedagang yang memanjang sejauh 50 meter sebelum akhirnya selesai dan disambut kembali oleh galeri.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1126 seconds (0.1#10.140)