Selayang Pandang Wajah Baru Taman Ismail Marzuki, dari Gedung Panjang hingga Taman Terbuka

loading...
Selayang Pandang Wajah Baru Taman Ismail Marzuki, dari Gedung Panjang hingga Taman Terbuka
Taman Ismail Marzuki (TIM) kini dalam proses revitalisasi untuk menghadirkan wajah baru pusat kesenian dan budaya di Jakarta. Foto: MNC Portal/Jonathan
JAKARTA - Taman Ismail Marzuki (TIM) tentu sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Jakarta. Kompleks yang dibangun sejak zaman kepemimpinan Gubernur Ali Sadikin tersebut dikenal sebagai pusat kesenian dan kebudayaan yang terletak tepat di pinggir Jalan Cikini IX.

Sekarang, kawasan TIM dalam proses revitalisasi untuk menghadirkan wajah baru pusat kesenian dan budaya di Jakarta. Gagasan mengenai revitalisasi tersebut dicanangkan oleh Gubernur Anies Baswedan pada tahun 2019 silam.

Baca juga: Anies Pamer Gedung Panjang TIM Cikini yang Dibentuk Mirip Nada Lagu Rayuan Pulau Kelapa

MNC Portal Indonesia berkesempatan melakukan kunjungan untuk melihat lebih dekat bagaimana wajah baru pusat kesenian tersebut nantinya ditampilkan. MNC Portal diberikan waktu mengunjungi seluruh kawasan seluas 8 hektare tersebut.

Kunjungan pertama dilakukan menuju bangunan panjang yang baru saja dibangun semasa programa revitalisasi. Gedung Panjang, seperti namanya memanjang sampai halaman belakang. Nantinya, gedung ini akan menjadi penyambut pengunjung di depan pintu masuk kawasan Taman Ismail Marzuki.



Adalah Andra Martin, penganggas dari konsep dibangunnya gedung berundak sampai lantai 14 tersebut. Konsepnya pun tidak sembarangan. Andra mengadopsi khas ikonik karya Ismail Marzuki dalam desain Gedung Panjang itu.

Baca juga: Anies Pertahankan Kubah Planetarium TIM Cikini, Kenapa?

“Pak Andra Martin pada tahun 2007 silam memenangkan sayembara untuk revitalisasi Taman Ismail Marzuki. Memang baru terealisasi pada tahun 2019,” ujar Officer Pengendalian Biaya dan Waktu di Taman Ismail Marzuki Farhan Hardiputra, Kamis (14/10/2021).

“Desainnya berdasarkan bait lagu Ismail Marzuki yang judulnya Rayuan Pulau Kelapa. Jadi bait tadi diterjemahkan ke not angka dan kemudian dijadikan desain fasadnya,” sambungnya.

Selayang Pandang Wajah Baru Taman Ismail Marzuki, dari Gedung Panjang hingga Taman Terbuka
halaman ke-1
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top