Pelaku Curi Kotak Amal Musala di Ciracas saat Jamaah Sedang Sholat Ashar

Rabu, 01 September 2021 - 19:55 WIB
loading...
Pelaku Curi Kotak Amal Musala di Ciracas saat Jamaah Sedang Sholat Ashar
Aksi pencurian kotak amal di musala Jalan Madrasah, Kelurahan Susukan, Kecamatan Ciracas, Jakarta Timur, menggemparkan warga sekitar. Foto: CCTV
A A A
JAKARTA - Aksi pencurian kotak amal di sebuah musala Jalan Madrasah, Kelurahan Susukan, Kecamatan Ciracas, Jakarta Timur, menggemparkan warga sekitar. Aksi pelaku sungguh nekat karena dilakukan ketika jamaah tengah melaksanakan sholat Ashar.

Pengurus Mushola Baitul Huda, Abu Sirih mengatakan, aksi pelaku yang beranggotakan dua orang terekam kamera CCTV. Bukannya ikut sholat, pelaku sengaja memanfaatkan kesempatan untuk membobol kotak amal.

"Awalnya ambil air wudhu terus jalan-jalan sekitar 2 sampai 3 menit. Seolah-olah mau sholat tapi itu kayaknya lagi ngawasin situasi. Setelah itu baru kotak amal diangkat terus dijebolnya di dalem," ujarnya di Ciracas, Jakarta Timur, Rabu (1/9/2021).
Baca juga: Usai Makan di Warteg, 2 Pria Gasak Kotak Amal di Ciputat

Menurutnya, pencurian kotak amal itu baru ketahuan setelah pengurus hendak membuka kotak amal. Saat dibuka pengurus terkejut lantaran isi kotak amal kosong tidak ada uang sepeser pun dari infaq dan shodaqoh jamaah.

"Untuk sementara baru kita share informasi sama rekaman CCTV ke grup pengurus RT. Tapi setelah dilihat warga sama sekali tidak kenal dengan pelaku," ucapnya.
Baca juga: Teroris Ubah Pola Gerakan Galang Dana Akibat Pandemi COVID-19, Kotak Amal Jadi Bukti

Abu menuturkan aksi pencurian kotak amal di mushola Baitul Huda bukan hanya terjadi satu kali melainkan aksi serupa sudah pernah terjadi. Sebelum kejadian kali ini isi kotak amal lebih dengan total uang sebesar Rp3 juta pernah raib.

"Ini sudah kejadian yang kedua kali setelah musala direnovasi. Kalau kita curiga sama orang yang sama. Untuk kali ini uang yang hilang Rp1 juta lebih," katanya.
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0850 seconds (0.1#10.140)