Relawan Indonesia Bersatu Lakukan Rapid Test Bagi Masyarakat

Selasa, 21 April 2020 - 12:51 WIB
loading...
Relawan Indonesia Bersatu Lakukan Rapid Test Bagi Masyarakat
Relawan Indonesia Bersatu siap melakukan rapid test Corona bagi masyarakat. Foto: Ist
A A A
JAKARTA - Sikap kegotongroyongan antarwarga kembali diperlihatkan masyarakat. Sejumlah orang yang tergabung dalam Relawan Indonesia Bersatu Melawan Covid-19 akan melakukan rapid test ke seluruh Indonesia.

Dimulai dari Jakarta kemudian Bandung dan terus bertahap ke berbagai kota besar. ”Dalam situasi seperti ini diperlukan komitmen bersama untuk memerangi Covid-19,” ujar Inge Bunga Vanda Sjarifah, Relawan Indonesia Bersatu, Selasa (21/4/2020).

Rapid test ini sejalan dengan instruksi Presiden Joko Widodo (Jokowi) beberapa waktu lalu agar segera dilakukan tes virus Corona terhadap masyarakat dalam jumlah yang banyak.

Melakukan tes secara cepat dan menyeluruh diyakini mampu menekan angka penyebaran Corona. Sebab, tidak sedikit pasien yang tidak bergejala, tapi masih dalam masa inkubasi, namun tidak dites. Korea Selatan disebut sebagai contoh sukses yang melakukan tes secara massal. (Baca juga: 752 Warga Positif Corona Isolasi Mandiri, DKI Beri Pendampingan Psikologis)

Selain rapid test, relawan ini juga mendukung Gerakan Nasional Masker sebagai salah satu cara menekan penyebaran Covid-19. ”Kami mengimbau pemerintah daerah untuk bersama-sama memerangi Covid-19, salah satunya dengan mengadvokasi masyarakat. Ini butuh komitmen tidak hanya di pemerintah pusat, tapi di seluruh daerah,” kata Inge yang juga pengurus Majelis Pusat Dakwah Islam Jawa Barat sekaligus Ketua Majelis Taklim Hegarmanah.

Saat ini, masih banyak warga di Jawa Barat terutama Bandung yang belum peduli menggunakan masker saat keluar dari lingkungan rumah. Padahal, pemerintah dan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mendorong semua orang memakai masker saat keluar rumah. Hal tersebut lantaran efek positif memakai masker dalam mencegah penyebaran Corona.

”Masyarakat harus terus diimbau untuk tetap menjaga kesehatan dengan menggunakan masker,” ujar Helvie Baskoro, pimpinan Forum Perempuan Bandung Bersatu yang juga bagian dari Relawan Indonesia Bersatu. (Baca juga: Peduli Kemanusiaan, Aliansi Pelajar Utara Beri Bantuan Petugas Medis dan Masyarakat)

Penggunaan masker kain saat ini dianggap cukup memadai bagi mereka yang sehat. Dengan makin banyaknya warga menggunakan masker kain, ketersediaan masker medis akan cenderung mudah didapat oleh mereka yang lebih membutuhkan. ”Termasuk tenaga medis, pasien ODP, PDP, serta positif Covid-19,” ucapnya.

Relawan Indonesia Bersatu ini juga memelopori Gerakan Dekontaminasi dan mendukung Jaring Pengaman Sosial terutama yang berada di wilayah-wilayah termasuk Jakarta dan Jabar.
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1843 seconds (0.1#10.140)