Tumbang, Pohon Mahoni Berukuran 1 Meter Tutup Jalan KKO Usman Harun

Selasa, 10 Agustus 2021 - 15:54 WIB
loading...
Tumbang, Pohon Mahoni Berukuran 1 Meter Tutup Jalan KKO Usman Harun
Foto/Ilustrasi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Sebuah pohon jenis mahoni berdiameter satu meter tumbang di depan Kantor Marinir Hartono KKO, Kwitang, Jakarta Pusat, Selasa (10/08/2021) siang. Batang pohon mahoni ini bahkan hingga menutupi seluruh bajan Jalan KKO Usman dan Harun.
Sementara, petugas di lokasi langsung melakukan evakuasi dengan memotong-pohon pohon tersebut menjadi bagian-bagian untuk kemudian diangkat menggunakan truk besar.

Plt Lurah Senen Ishran Prasetiawan mengatakan, penyebab kejadian tersebut akibat lapuknya akar hingga tidak lagi kuat menopang pohon tersebut. Ishran menegaskan tumbangnya pohon tersebut tidak disebabkan kondisi alam.

“Pohon tumbang ini diakibatkan karena memang akarnya yang sudah lapuk, sehingga tidak kuat menopang pohon itu sendiri, tidak ada angin saat itu,” kata Ishran Prasetiawan di lokasi, Selasa (10/8/2021)

Menurut informasi yang diterimanya dari saksi, pohon tersebut sebelumnya telah berbunyi sebelum akhirnya tumbang secara tiba-tiba. Sementara, tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut.

“Saksi menyampaikan pohon itu berbunyi ‘kretekan’, miring kemudian tidak lama setelah itu, ambruk secara tiba-tiba, Alhamudillilah tidak ada korban jiwa,” tegasnya

Ishran menambahkan dalam kejadian tersebut dikerahkan sejumlah petugas untuk mengevakuasi. Sejumlah petugas yakni, 25 petugas dari Sudin Pertamanan Jakarta Pusat, 10 petugas dari Gulkarmat, dan sejumlah petugas PPSU Kelurahan, Polsek dan Unsur Marinir.

Selanjutnya, akibat kejadian tersebut arus lalu lintas harus dialihkan dari arah Tugu Tani menuju Perlimaan Senen. Pihaknya melakukan contraflow dengan membelokan para pengendara dari arah Tugu Tani, menggunakan jalan Kramat Kwitang dari arah Salemba.
(mhd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1063 seconds (0.1#10.140)