Daftar 5 Masjid di Jakpus yang Menyediakan Buka Puasa Gratis

Minggu, 17 Maret 2024 - 10:02 WIB
loading...
Daftar 5 Masjid di Jakpus yang Menyediakan Buka Puasa Gratis
Ada 5 masjid di Jakarta Pusat yang menyediakan buka puasa gratis, salah satunya Masjid Istiqlal. Foto: Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Ada 5 masjid di Jakarta Pusat yang menyediakan buka puasa gratis, salah satunya Masjid Istiqlal.

Dalam rangka menyemarakkan Ramadan, biasanya masjid-masjid membuat program buka puasa gratis untuk jamaah dan masyarakat umum.



Kegiatan tersebut sering dijumpai pada masjid-masjid di wilayah Ibu Kota, misalnya Jakarta Pusat. Berikut beberapa masjid yang menyediakan buka puasa gratis.

Masjid di Jakarta Pusat yang Menyediakan Buka Puasa Gratis

1. Masjid Istiqlal

Pada puasa Ramadan 2024, Masjid Istiqlal kembali menyediakan buka puasa gratis. Pada hari pertama puasa, Selasa (12/3/2024) sekitar 4.000 boks nasi gratis dibagikan.

Ketika memasuki akhir pekan, jumlah makanan yang dibagikan bertambah menjadi 6.000 boks. Jika dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya, jumlah tersebut telah bertambah karena memang antusiasnya luar biasa.

2. Masjid At-Tanwir

Berikutnya ada Masjid At-Tanwir Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Jakarta Pusat. Pada bulan Ramadan ini, mereka juga menyediakan program buka puasa gratis.

Setiap harinya, terdapat 250 paket buka puasa gratis yang tersedia. Pihak masjid juga mempersilakan masyarakat umum yang ingin mampir untuk berbuka di Masjid At-Tanwir.

3. Masjid Sunda Kelapa

Pengelola Masjid Sunda Kelapa, Menteng, Jakarta Pusat menyediakan makanan gratis untuk berbuka puasa. Sebagaimana masjid-masjid lain, kegiatan ini juga bisa dibilang rutin dilakukan setiap tahunnya.

Tak hanya dikenal sering menyediakan buka puasa gratis, bagian depan Masjid Sunda Kelapa juga cukup ramai pedagang yang berjualan takjil. Lokasinya juga strategis sebagai tempat berburu takjil sebelum buka puasa.

4. Masjid Cut Meutia

Masjid Cut Meutia di Menteng, Jakarta Pusat dikenal dengan bangunan klasiknya yang bersejarah. Pada momen Ramadan 2024, masjid ini juga menyediakan program buka puasa gratis.

Dari tahun ke tahun biasanya kompleks sekitar Masjid Cut Meutia juga dipenuhi pedagang yang menjajakan takjil dan menu berbuka lainnya.

5. Masjid Daarut Tauhid

Kemudian, ada juga Masjid Daarut Tauhid di Jakarta Pusat. Pada Ramadan ini, pihak masjid menyediakan buka puasa gratis.

Sebagai informasi, kegiatan buka puasa gratis ini dilakukan selama bulan suci Ramadan 2024. Peruntukannya sendiri terbuka selama masih tersedia.
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2796 seconds (0.1#10.140)