Ingat! 11 TPU di Jakarta Barat Ini Masih Ditutup untuk Peziarah

loading...
Ingat! 11 TPU di Jakarta Barat Ini Masih Ditutup untuk Peziarah
Hari Raya Idul Fitri bagian sebagian masyarakat dijadikan menjadi momentum untuk melakukan ziarah kubur. Foto: SINDOnews/Dok
JAKARTA - Hari Raya Idul Fitri bagian sebagian masyarakat dijadikan menjadi momentum untuk melakukan ziarah kubur. Tradisi ini sudah lama dilakoni sebagian masyarakat Indonesia.

Namun karena masih pandemi corona, aktivitas tersebut dibatasi atau bahkan ditiadakan sementara. Di Jakarta Barat, misalnya, pemerintah kota setempat memutuskan untuk menutup sementara 11 taman pemakaman umum (TPU) selama libur Lebaran Idul Fitri 1442 Hijriah. Penutupan TPU dimulai sejak Rabu 12 Mei hingga Minggu 16 Mei 2021.



Baca juga: Jangan Abai! Ini Panduan Lengkap Pelaksanaan Hari Raya Idul Fitri di Jakarta

Kepala Suku Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Jakarta Barat, Djauhar Arifien, mengatakan, unsur tiga pilar akan melakukan penjagaan di TPU yang ditutup sementara. Ini dilakukan demi mencegah adanya warga yang hendak masuk ke dalam.

"Penjagaan TPU selama penutupan sementara melibatkan unsur tiga pilar. Kami sudah berkoordinasi dengan kelurahan untuk menyosialisasikan kebijakan ini. Kami juga sudah memasang spanduk di pintu masuk TPU terkait penutupan sementara ini,” kata Djauhar sebagaimana dilansir dari laman barat.jakarta.go.id pada Jumat (14/5/2021).

Baca juga: Pemkot Depok Izinkan Warga Ziarah Kubur dengan Penerapan Prokes Ketat

Djauhar menuturkan sudah menyosialisasikan kebijakan ini. Penutupan sementara TPU merupakan tindak lanjut dari Seruan Gubernur DKI Jakarta Nomor 5 Tahun 2021 tentang Pengendalian Aktivitas Masyarakat dalam Pencegahan Penyebaran Covid-19 pada Masa Libur Idul Fitri 1442 H/2021 M.

Djauhar berharap kebijakan ini dapat mengurangi risiko penyebaran Covid-19 di wilayah DKI Jakarta. "Kami berharap masyarakat bisa memahami dan mengerti. Sebisa mungkin hindari berkerumun di masa pandemi ini," tuturnya.

Baca juga: Pemerintah Kota Bekasi Larang Ziarah Kubur Selama Lima Hari

Kendati ditutup sementara, aktivitas pemakaman jenazah tetap berjalan seperti biasa. Yang tidak diperkenankan mengunjungi TPU ialah peziarah. “Kami hanya buka untuk pemakaman jenazah.”



Berikut 11 TPU yang ditutup sementara dari kegiatan ziarah pada libur lebaran tahun ini:
-TPU Duri Kepa
-TPU Basmol
-TPU Al Kamal Kepa Duri
-TPU Tegal Alur unit Kristen dan unit Islam
-TPU Grogol Kemanggisan
-TPU Kapuk
-TPU Semanan
-TPU Joglo
-TPU Utan Jati
-TPU Sukabumi Selatan
-TPU Kamal
(thm)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top