Tetap Bugar Selama Ramadhan, Ini Kiat Khusus Danlantamal III Agar Puasa Tetap Lancar

Rabu, 21 April 2021 - 12:56 WIB
loading...
Tetap Bugar Selama Ramadhan, Ini Kiat Khusus Danlantamal III Agar Puasa Tetap Lancar
Komandan Pangkalan Utama Angkatan Laut (Danlantamal) III Brigjen TNI (Mar) Umar Farouq. SINDOnews/Yohannes Tobing
A A A
JAKARTA - Anggota TNI dituntut untuk tetap bugar saat menjalankan tugas, termasuk pada bulan Ramadhan. Komandan Pangkalan Utama Angkatan Laut (Danlantamal) III Brigjen TNI (Mar) Umar Farouq memiliki cara tersendiri agar tubuh tetap bugar meskipun sedang puasa .

“Jadi kita senantiasa melakukan tugas sesuai dengan yang sudah diperintah pimpinan. Meski puasa tapi kita tetap bugar dan tidak kendor apalagi kurangi volume pekerjaan,” Kata Farouq saat ditemui di Mako Lantamal, Rabu (21/4/2021).

Menurut Farouq, supaya Ibadah puasa tetap lancar dan tanpa mengurangi pekerjaan. Dirinya mengaku memiliki kiat khusus supaya aktivitas berjalan tanpa menganggu ibadah puasa. (Baca juga; Bacaan Zikir Sebelum Berbuka Puasa Ramadhan )

Jenderal bintang satu itu menceritakan jika pada saat sahur dirinya sengaja makan dalam porsi yang sangat banyak. Hal itu dilakukan agar dirinya bisa tetap mendapat asupan energi sampai waktu berbuka.

“Saya kebalikan orang pada umumnya. Jika yang lain makannya sedikit, saya nggak, saya paksa makan banyak karena harus bekerja dan banyak membutuhkan energi,” ucapnya.

Selain makan yang banyak, Farouq juga mengonsumsi minum air putih dalam jumlah banyak agar tubuh tidak mengalami dehidrasi ketika berpuasa. (Baca juga; Penting Disimak! Penjelasan Ustadz Najmi soal Puasa dan Sahur Kesiangan )

“Saat sahur, saya minumnya kira-kira 4 gelas dan biasanya pakai air hangat. Kenapa? Untuk meruntuhkan sisa lemak di tenggorakan dan harapannya netral,” ungkapnya.

Untuk menjelang berbuka puasa, Farouq lebih memilih makan secukupnya, hal ini dikarenakam waktu makan saat berbuka puasa memiliki waktu yang lebih panjang sehingga tidak perlu waktu terburu-buru.

“Nggak usah banyak pas buka, secukupnya saja itu sudah pas. Setelah salat Mahgrib baru makan berat, habis salat Tarawih atau menjelang tidur baru saya makan lagi tapi ini hanya cemilan saja seperti buah,” tutur Farouq.

Dengan kiat atau siasat yang dimilikinya tersebut, Farouq mengatakan bahwa tubuhnya terasa lebih ringan, kerja lebih tenang dan badan juga akan kuat. Jadi tidak mengalami kendala apa pun dalam bertugas.
(wib)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1426 seconds (10.177#12.26)