Puspomal Tangkap TNI Gadungan Berpangkat Letkol di Tangerang

Sabtu, 11 Maret 2023 - 09:31 WIB
loading...
Puspomal Tangkap TNI Gadungan Berpangkat Letkol di Tangerang
Puspomal bersama Pomal Lantamal III Jakarta menangkap MQ anggota TNI AL gadungan di Rajeg, Kabupaten Tangerang. Foto/Puspomal/Istimewa
A A A
JAKARTA - Pusat Polisi Militer Angkatan Laut (Puspomal) bersama Pomal Lantamal III Jakarta menangkap MQ anggota TNI gadungan di Rajeg, Kabupaten Tangerang. Petugas menangkap MQ pada Kamis, 9 Maret 2023 lalu setelah dibantu M istri pelaku.

Danpuspomal Mayjen TNI (Mar) I Made Wahyu Santoso mengatakan, penangkapan terhadap MQ ini bermula saat petugas mendapati beredarnya foto MQ mengenakan atribut TNI AL dengan pangkat Letkol. Petugas pun melakukan penelusuran hingga akhirnya didapati alamat MQ di Desa Sukamanah, Kecamatan Rajeg, Kabupaten Tangerang.

Di sana, lanjut Wahyu, tim gabungan berkoordinasi dengan Polsek Rajeg perihal pencarian orang yang diduga merupakan oknum TNI gadungan. Hasilnya tak sia-sia petugas pun mendatangi rumah MQ.

"Saat itu MQ tidak ada di rumah. Yang ada hanya istrinya yakni, M," kata Wahyu Santoso dalam keterangannya pada Sabtu (11/3/2023).


Tim gabungan pun menjelaskan perihal perbuatan MQ yang mengaku-aku sebagai anggota TNI AL. Di sana, petugas juga melakukan penggeledahan dan menemukan sejumlah atribut TNI lengkap dengan perlengkapannya seperti tanda pangkat, tanda jasa, brivet, tutup kepala, sepatu militer, dan tas loreng.

Wahyu menuturkan, M pun menghubungi MQ untuk pulang dan bertemu dengan petugas dari Puspomal."Atas bantuan M, MQ menyanggupi kembali dan bertemu di Kantor Koramil Rajeg," tuturnya.

Menurut Wahyu, setelah MQ mendatangi Koramil Rajeg, petugas membawa yang bersangkutan didampingi istrinya ke Mako Puspomal Kelapa Gading, Jakarta Utara, untuk dilakukan pendalaman.

"Imbauan kami masyarakat agar lebih berhati-hati untuk bisa membedakan prajurit yang asli dan palsu.
Karena sering terjadi tindak penipuan untuk mendapatkan keuntungan pribadi yang dilakukan oleh TNI gadungan," ucapnya.

(hab)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2364 seconds (0.1#10.140)