Pencopet Spesialis Bus Transjakarta Dicokok Polisi, Sudah Beraksi sejak 2018

loading...
Pencopet Spesialis Bus Transjakarta Dicokok Polisi, Sudah Beraksi sejak 2018
Resmob Polda Metro Jaya mengungkap sindikat pelaku kejahatan pencopetan yang meresahkan masyarakat di Mapolda Metro Jaya, Jumat (16/4/2021) sore. Foto: MNC Portal/Carlos Roy Fajarta
JAKARTA - NY (43) alias Rengga, hanya bisa tertunduk saat diekspos oleh Resmob Polda Metro Jaya kepada awak media, Jumat (16/4/2021).

Dia ditangkap setelah polisi mendapatkan laporan dari masyarakat di media sosial terkait aksi copet di bus Transjakarta yang meresahkan.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus menyebutkan, pelaku awalnya berpura-pura sebagai penumpang bus Transjakarta.

Baca juga: Waspada! Pencopet Barang Belanjaan Pengunjung Gentayangan di Pasar Tanah Abang

"Saat menemukan korban di dalam bus Transjakarta ia kemudian memepet korban. Kemudian dengan lihai dan tanpa diketahui korban membuka resleting tas dan mengambil handphone dan barang berharga lainnya milik korban," ujar Yusri Yunus di Mapolda Metro Jaya.



Aksi pelaku yang terekam kamera pengintai atau CCTV di dalam bus Transjakarta, membuat tersangka akhirnya berhasil diamankan polisi pada Kamis (15/4/2021) sekitar pukul 08.00 WIB di shelter Bus Transjakarta Semanggi, Jakarta Selatan.

Baca juga: Congkel Mobil, Pelaku Babak Belur Dihadiahi Bogem Mentah Warga

Dari pengakuan, tersangka dia sudah beraksi sejak 2018 lalu dan menyasar 40 lokasi di sepanjang shelter jurusan Grogol hingga PGC Cililitan.

Tim opsnal Unit 1 Subdit 3 Resmob Ditreskrimum Polda Metro Jaya di bawah pimpinan Kompol Herman Simbolon mendapatkan barang bukti berupa handphone iPhone 11 warna putih, jaket warna biru, tas gendong warna hitam, dan satu flash disk rekaman CCTV bus Transjakarta.

Atas tindakannya, NY alias Rengga dijerat penyidik dengan Pasal 363 KUHP tentang Pencurian dengan Pemberatan dengan ancaman hukuman 7 tahun penjara.
(thm)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top