Berumur Ratusan Tahun, DPRD DKI Dukung Golok Cakung Jadi Warisan Budaya Jakarta

Selasa, 16 Maret 2021 - 15:26 WIB
loading...
Berumur Ratusan Tahun, DPRD DKI Dukung Golok Cakung Jadi Warisan Budaya Jakarta
Anggota Komisi B DPRD DKI Jakarta sekaligus Wakil Ketua Fraksi PKS, M Taufik Zoelkifli, mendukung upaya pelestarian Golok Cakung. Foto: SINDOnews/Komaruddin Bagja
A A A
JAKARTA - Jakarta sebagai Ibu Kota menyimpan berbagai kekayaan seni dan budaya. Salah satunya seni Golok Cakung yang disebut-sebut terbuat dari batu meteor.

Jawara Padepokan Bedok Latih, Agus Syahadat, mengatakan, kesenian Golok Cakung sudah berumur ratusan tahun.

"Cakung ini punya sejarah peradaban besar. Salah satu buktinya, ada seni Golok Cakung ini. Kesenian ini sudah berusia ratusan tahun," ujar Agus Syahadat, Selasa (16/3/2021).

Untuk itu, Agus berharap anggota Komisi B DPRD DKI Jakarta sekaligus Wakil Ketua Fraksi PKS, M Taufik Zoelkifli, untuk terus mendukung upaya pelestarian Golok Cakung. Golok Cakung nantinya akan diuji bahannya di Balai Konservasi, Magelang, Jawa Tengah.

"Selalu saya sampaikan, di reses pak Taufik, Pak Taufik ini punya jasa besar mengawal Golok Cakung menjadi warisan budaya. Pak Taufik antarkan kami ke SKPD terkait, dan membantu kami mengurus legalitas," papar Agus.

Baca Juga: Peradaban Betawi, Golok Memiliki Magnet Tersendiri

"Saya sering hadir di festival golok. Di festival itu, rata-rata golok muda saja, usianya hanya beberapa puluh tahun. Di Cakung ini, ada golok-golok tua berusia 500-700 tahun. Saya usulkan adanya festival budaya tahunan Golok Cakung di tempat ini, kepada Pak MTZ," bebernya.

Berumur Ratusan Tahun, DPRD DKI Dukung Golok Cakung Jadi Warisan Budaya Jakarta


Menurut Agus, dengan adanya festival budaya tahunan Golok Cakung efeknya akan ada perajin untuk cinderamata khusus dari DKI Jakarta.

"Kalau di daerah Cilegon sana, datang orang dari berbagai negeri, ada yang dari Belgia dan lain-lain. Kalau itu terjadi di sini, akan jadi bagian dari cara kita angkat budaya sekaligus ekonomi setempat,” kata Agus.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1872 seconds (0.1#10.140)