Tanamkan Cinta Budaya sejak Dini, SDN 22 Jakbar Gelar Pameran Karya Seni Betawi

Kamis, 23 November 2023 - 20:20 WIB
loading...
Tanamkan Cinta Budaya sejak Dini, SDN 22 Jakbar Gelar Pameran Karya Seni Betawi
SD Negeri 22 Petang Cengkareng, Jakarta Barat menggelar Pameran Karya Seni Budaya Betawi. Foto: Ist
A A A
JAKARTA - Indonesia merupakan negara yang mempunyai keanekaragaman budaya . Hal itu mencerminkan Indonesia adalah bangsa yang mempunyai peradaban tinggi.

Untuk menjaga dan melestarikanya perlu ditanamkan kecintaan terhadap budaya bangsa sejak dini. Hal itulah yang dilakukan Sekolah Dasar (SD) Negeri 22 Petang Cengkareng, Jakarta Barat yang menggelar “Pameran Karya Seni Budaya Betawi”.

Melalui kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) yang mengangkat kearifan lokal dengan tagline "Meningkatkan kecintaan terhadap budaya lokal melalui Pameran karya Seni Budaya Betawi" ini para siswa di bawah bimbingan orang tuanya secara kelompok membuat karya seni Betawi seperti rumah adat, makanan, dan minuman.

Hasil karya seni para siswa kemudian dipamerkan. "Kegiatan ini sebagai upaya untuk mengenal dan melestarikan budaya Betawi. Agar anak-anak bisa melestarikan budaya kita,” ujar Ketua Panitia Pameran Karya Seni Budaya Betawi SD Negeri 22 Petang Cengkareng Timur Jakarta Barat Eni Riska Putri, Kamis (23/11/2023).

Tanamkan Cinta Budaya sejak Dini, SDN 22 Jakbar Gelar Pameran Karya Seni Betawi


Eni menjelaskan, anak-anak dan orang tua yang hadir juga mengenakan baju adat betawi. Tidak hanya itu, para siswa juga memperagakan pakaian adat Betawi.

"Alhamdulilah berjalan dengan meriah. Ondel-ondel sebagai maskotnya Budaya Betawi juga mewarnai pameran ini,” ujarnya.

Kepala Sekolah SDN 22 Petang Cengkareng Timur Jakarta Barat Suyono, menjelaskan, kegiatan ini merupakan bagian dari kurikulum pendidikan.

"Alhamdulillah bisa dilaksanakan dengan baik. Saya memberikan apresiasi kepada orang tua dan anak-anak yang sangat antusias dalam melaksanakan kegiatan ini. Kegiatan ini diikuti seluruhnya dari kelas 1 sampai dengan kelas 6,” ujarnya.
(thm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1936 seconds (0.1#10.140)