Momen Sumpah Pemuda, Pemprov DKI Perkuat Karakter Generasi Muda lewat Kegiatan Seni Budaya

Minggu, 29 Oktober 2023 - 18:35 WIB
loading...
Momen Sumpah Pemuda, Pemprov DKI Perkuat Karakter Generasi Muda lewat Kegiatan Seni Budaya
Momentum Hari Sumpah Pemuda menginisiasi Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta untuk semakin memperkuat identitas dan karakter generasi muda. Foto: SINDOnews/Dok
A A A
JAKARTA - Momentum Hari Sumpah Pemuda menginisiasi Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta untuk semakin memperkuat identitas dan karakter generasi muda. Hal ini dilakukan melalui berbagai kegiatan seni budaya.

Dalam rangka mendukung transformasi Kota Jakarta menjadi kota berskala international yang modern dan hijau, sekaligus memperkuat kreativitas anak-anak muda, Liberty Production Pemerintah Provisi DKI Jakarta dan Enjoy Jakarta menggelar sebuah acara bertajuk Gemilang Jakarta yang digelar di Plaza Timur Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta.

Kepala Dinas Kebudayaan DKI Jakarta Iwan Henry Wardhana mengatakan, pihaknya melalui Gemilang Jakarta pada peringatan Hari Sumpah Pemuda yang jatuh pada Sabtu, 28 Oktober 2023, berupaya menghadirkan kesempatan bagi pemuda untuk berkolaborasi dalam aktivitas seni dan mengungkapkan cinta terhadap budaya Jakarta.

"Kegiatan panggung seni budaya Gemilang Jakarta ini melibatkan dominasi dari tenaga muda, para generasi muda untuk mengangkat harkat, citra, dan martabat masyarakat DKI Jakarta. Terutama kepercayaan diri para pemuda bertepatan dengan kegiatan Sumpah Pemuda," kata Iwan dalam keterangannya, Minggu (29/10/2023).

Selain Gemilang Jakarta, Dinas Kebudayaan DKI Jakarta juga akan mengadakan berbagai aktivitas seni buaya lainnya di Taman Ismail Marzuki (TIM).

“Saat ini kami sedang mempersiapkan Festival Teater Jakarta. Semoga pegiat seni budaya melihat potensi-potensi seniman teater dan hadir di TIM untuk melihat langsung," kata Iwan.

Dengan berbagai aktivitas tersebut, Dinas Kebudayaan DKI juga ingin mengajak masyarakat Jakarta untuk siap dan tidak khawatir dengan penanggalan status Ibu Kota Negara (IKN).

Menurut dia, Jakarta memiliki ciri dan karakter untuk siap bersaing menjadi kota global. Dia juga menekankan pentingnya kolaborasi dengan berbagai pihak.

Untuk acara Gemilang Jakarta, Pemprov DKI Jakarta berkolaborasi dengan antar BUMN dan pemerintah Propinsi DKI Jakarta dipadupadankan dalam sebuah nuansa seni budaya pada kegiatan kali ini. Utamanya konser panggung musik dengan penampilan sejumlah musisi kenamaanan.

“Aktivitas seni budaya adalah salah satu jawaban untuk memberikan semangat buat generasi muda agar mengeluarkan ide dan kreasi yang mengangkat mereka agar lebih kreatif. Salah satunya anak-anak muda dilatih peningkatan seni kontemporer layaknya Jember Festival, itu bagian ide karya kreatif anak-anak muda," kata Iwan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2113 seconds (0.1#10.140)