Nostalgia Ketika Bus Tingkat Merajai Jakarta, Ngak Miring Ngak Asyik

Jum'at, 12 Maret 2021 - 06:30 WIB
loading...
A A A
Bus tingkat ini memiliki panjang bodi 11,8 meter dan mampu menampung penumpang 200 orang sehingga dijuluki bus “Jumbo”. Namun, dari rencana pembelian sebanyak 200 unit, ternyata hanya satu unit yang terealisasi pembeliannya. Harga bus tingkat ini pada saat itu sekitar Rp80 juta.

Pada 1990-an hingga 1998 peran bus tingkat perlahan mulai tergerus sehingga secara bertahap dihentikan pengoperasiannya. Bus tingkat terakhir yang beroperasi di Jakarta adalah P 67 rute Pasar Senen-Blok M dan P 70 rute Blok M-Kota. Pengoperasian bus tingkat dihentikan pada 1998 karena kondisi armada yang sudah uzur ditambah jalanan di Jakarta yang akrab dengan kemacetan membuat sulit bermanuver.

Perum PPD melalui akun media sosial kerap memposting foto-foto bus tingkat jadul ketika beroperasi pada masa jaya. Postingan yang diunggah pun mendapat berbagai komentar menarik dan unik netizen yang bernostalgia dengan bus tingkat ibu kota.

Nostalgia Ketika Bus Tingkat Merajai Jakarta, Ngak Miring Ngak Asyik


Itu bis saya jaman SMA th 1986 sd 1989 Min dan sempet kecopetan disitu,” tulis akun @mixerboschsico mengomentari postingan foto bus tingkat Volvo B55 Ailsa yang diunggah Perum PPD melalui akun Instagram @perumppd.

Ada juga komentar kocak disampaikan netizen, “Bis serem jangan pernah naik di atas soalnya kagak ada supirnya,” tulis @acanbbk.

Ketika akun Instagram @perumppd mengunggah foto bus tingkat Leyland Atlantean yang penuh sesak penumpang sampai ada yang berdiri di pintu, juga mendapat komentar seru. “Bus ini ga miring ga asik,” tulis akun @yuanita_priskilla.
(wib)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1690 seconds (0.1#10.140)