Nostalgia Ketika Bus Tingkat Merajai Jakarta, Ngak Miring Ngak Asyik

Jum'at, 12 Maret 2021 - 06:30 WIB
loading...
A A A
Nostalgia Ketika Bus Tingkat Merajai Jakarta, Ngak Miring Ngak Asyik


Berbeda dengan saudara tuanya, Leyland Atlantean merupakan bus tingkat pionir yang meletakkan mesin di belakang. Sebaliknya dua pintu penumpang diubah dengan diletakkan di bagian depan dan tengah. Dengan panjang bodi sekitar 10,2 meter, bus tingkat Leyland Atlantean mampu membawa penumpang lebih banyak, yaitu 106 orang sekali jalan.

Bus tingkat Leyland Atlantean di negara asalnya Inggris mempunyai masa produksi cukup lama, mulai 1958 hingga 1986. Namun, di Indonesia umur bus tingkat Leyland Atlantean tidak panjang karena pertengahan 1990 mulai dinonaktifkan secara bertahap.

Pada waktu hampir bersamaan, sekitar 1981 Kementerian Perhubungan mendatangkan bus tingkat Volvo B55 Ailsa. Proyek pengadaan bus tingkat dilakukan cukup massif hingga 1984, total ada 320 unit yang didatangkan.

Bus tingkat ini diproduksi Volvo Inggris dan karoseri Ailsa dengan model Alexander (diproduksi antara 1972-1984). Bus tingkat Volvo B55 Ailsa generasi ketiga yang didatangkan ke Indonesia berkapasitas penumpang 108 orang. Secara fisik bentuk Volvo B55 Ailsa hampir mirip dengan Leyland Atlantean, perbedaan hanya pada bodi belakang.

Nostalgia Ketika Bus Tingkat Merajai Jakarta, Ngak Miring Ngak Asyik


Volvo B55 Aisla bagian belakang rata atau lurus, sedangkan Leyland Atlantean kaca bodi bagian belakang agak menjorok alias geroak ke dalam. Livery keduanya pun hampir sama, biru abu-abu strip merah. Ada juga yang dikelir dominan putih dengan strip kuning. Rute yang dilayani, di antaranya Blok M-Kota, Pasar Senen-Blok M, dan Cililitan-Kalideres, karena memiliki jalur lurus sehingga memudahkan bus tingkat bermanuver.

Dua jenis bus tingkat ini yang merajai jalanan Jakarta pada era 1980-an sampai 1990-an. Bahkan jumlah yang begitu banyak didatangkan ke Indonesia, sehingga disebar ke berbagai kota besar lain. Untuk bus tingkat Leyland Atlantean disebar ke Kota Semarang dan Surabaya, sedangkan Volvo B55 Aisla disebar ke Kota Solo, Medan, dan Makassar.

Di Jakarta kedua jenis bus tingkat ini dioperasikan oleh Perusahaan Pengangkutan Djakarta (PPD), sedangkan di kota lain dioperasikan oleh Djawatan Angkutan Motor Republik Indonesia (Damri). Sebenarnya ada satu jenis bus tingkat lagi yang beroperasi di Jakarta, yaitu Volvo B55s Triple Axle.

Nostalgia Ketika Bus Tingkat Merajai Jakarta, Ngak Miring Ngak Asyik
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1901 seconds (0.1#10.140)