100 Ribu Lebih Warga Kota Bekasi Menderita Akibat Diterjang Banjir

Minggu, 21 Februari 2021 - 12:53 WIB
loading...
100 Ribu Lebih Warga Kota Bekasi Menderita Akibat Diterjang Banjir
Tim SAR melakukan evakuasi terhadap warga di Perumahan Pondok Gede Permai, Kota Bekasi yang terendam banjir. Foto/SINDOnews/Dok
A A A
BEKASI - Selama tiga hari ini banjir besar menerjang wilayah Kota Bekasi di 12 Kecamatan. Ketinggian banjir bervariasi mulai dari 20 centimeter hingga 2 meter.

Data Pemkot Bekasi, warga yang terdampak banjir sebanyak 100.532 orang dengan 25.133 Kepala Keluarga (KK). Selain kehilangan harta benda, warga terdampak banjir tersebut terpaksa mengungsi.



Sebagian warga ada yang memilih mengungsi kesanak keluarganya dan sebagian ke tempat pengungsian. Banjir yang menerjang wilayah Kota Bekasi kali ini lebih parah daripada tahun lalu. Sebab banjir akibat hujan deras dan naiknya TMA Kali Bekasi, Kali cakung, Kali Bong ,dan Kali Babakan membuat 125 titik banjir parah di 56 Kelurahan.

Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi mengakui banjir yang merendam wilayahnya ini tergolong sangat besar dibanding tahun sebelumnya. Hari ini ratusan titik banjir sudah mulai surut. "Ada 124 titik banjir sudah mulai berangsur surut, dan menyisakan satu titik banjir atau genangan," ujarnya, Minggu (21/2/2021).



Namun, kata dia, data tersebut masih bersifat sementara dan bisa berubah. Untuk itu, warga Kota Bekasi diminta untuk tetap waspada mengingat curah hujan masih tinggi.

Menurut dia, banjir yang terjadi sejak Jumat lalu menyebabkan seluruh wilayahnya terendam banjir. Ada 12 Kecamatan di 40 Kelurahan dari total 56 Kelurahan di wilayahnya terdampak banjir. "Sekitar 100.532 jiwa terdampak banjir," ucapnya.

Kata dia, sebagian warga ada yang mengungsi di Gudang BNPB yang berada di Jatirasa, Kecamatan Jatiasih, Musala Jama'atul Khoir, Masjid Al-Amin Taman Cikunir Indah dan lainnya. Selain banjir yang merendam permukiman warga, longsor juga terjadi di beberapa titik.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2516 seconds (0.1#10.140)