Adang Wisatawan Masuk Puncak Bogor, Ribuan Petugas Berjaga di 9 Check Point

Selasa, 22 Desember 2020 - 14:25 WIB
loading...
Adang Wisatawan Masuk Puncak Bogor, Ribuan Petugas Berjaga di 9 Check Point
Foto: Ilustrasi/SINDOnews/Dok
A A A
BOGOR - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor memperketat kunjungan wisatawan yang hendak merayakan malam pergantian tahun, khususnya di kawasan Puncak. Salah satunya diharuskan menunjukkan hasil rapid test antigen.

"Saat ini Pemkab Bogor terus mematangkan persiapan menghadapi libur panjang akhir tahun, dengan membangun sembilan posko pengamanan sekaligus Posko Covid-19 (check point)," ujar Sekretris Daerah (Sekda) Kabupaten Bogor Burhanudin seusia memimpin rapat evaluasi Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Pra Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) di Kabupaten Bogor, Selasa (22/12/2020).

Burhanudin menyebutkan, setiap cek point dijaga ketat ribuan petugas gabungan. Petugas akan memeriksa dan menjaring para wisatawan yang hendak menuju tempat objek wisata maupun penginapan di Kabupaten Bogor. (Baca juga: Bupati Larang Wisatawan Rayakan Tahun Baru di Puncak Bogor)

"Setiap wisatawan yang hendak datang ke Puncak atau tempat wisata di Kabupaten Bogor, harus bisa menunjukkan hasil rapid antigen. Saya minta disosialisasikan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) serta Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo)," ungkapnya.



Hal itu berlaku juga bagi wisatawan yang sudah memesan hotel dari jauh-jauh hari. Jika tidak membawa hasil rapid antigen maka tidak diperkenankan melanjutkan perjalanan pada saat terjaring di cek point.

"Jadi, jika ada wisatawan yang kedapatan tidak membawa hasil rapid test antigen di Simpang Gadog, akan diminta putar balik," katanya. (Baca juga: Malam Tahun Baru, Jalur Puncak Bogor Akan Ditutup Mulai Pukul 18.00 WIB )

Ia merinci, beberapa titik penempatan Posko Covid-19 yang akan melakukan pemeriksaan kepada setiap pengunjung objek wisata di kawasan Puncak. Pertama di Simpang Gadog, Pasar Cisarua, Gunung Mas, dan Rindu Alam. Kemudian, di Gunung Salak Endah, Taman Buah Mekar Sari, serta Posko Covid-19 Sukamakmur. "Rencana ada titik tambahan, dan kini sedang dipertimbangkan," tukasnya.

Pemkab Bogor akan melakukan Operasi Yustisi di wilayah Puncak yang diberi nama Operasi Pamong Praja Satgas Covid 2019. Pertama, mereka akan melakukan pengecekan hasil rapid antigen wisatawan.

Kemudian, Satpol PP akan melakukan patroli ke tempat wisata dan memastikan protokol kesehatan di jalankan di tempat wisata. "Tim medis juga di sana. Kita terpadu, semua di sana, ada Satpol PP bidang penegakan hukum dan kedisiplinan," pungkasnya.
(thm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1994 seconds (0.1#10.140)