Orang Tanpa Gejala Positif Corona di Kabupaten Bekasi Capai 114 Orang

Senin, 13 April 2020 - 08:42 WIB
loading...
Orang Tanpa Gejala Positif Corona di Kabupaten Bekasi Capai 114 Orang
Di Kabupaten Bekasi terdapat sebanyak 114 Orang Tanpa Gejala (OTG) positif Corona.Foto/Ilustrasi.istimewa
A A A
BEKASI - Sejumlah kasus seputar virus Corona atau Covid-19 menunjukkan bahwa tidak selamanya pasien yang positif terjangkit virus akan mengalami gejala yang umum atau sakit parah. Hingga Minggu (12/4/2020) terdapat sebanyak 114 Orang Tanpa Gejala (OTG) di wilayah Kabupaten Bekasi.

OTG merupakan kategori baru dalam pedoman penanganan virus Corona yang ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan. Sebelumnya, kategori yang dirilis adalah pasien positif, pasien dalam pengawasan (PDP) dan orang dalam pemantauan (ODP). Kini bertambah OTG dan Orang Pelaku Perjalan (OPP).

Juru Bicara Pusat Informasi dan Kordinasi Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Bekasi, Alamsyah mengatakan, OTG adalah seseorang yang tidak bergejala, tapi berisiko telah tertular virus Corona dari pasien Covid-19. "Selain itu, OTG memiliki kontak erat dengan kasus positif Covid-19," kata Alamsyah pada Minggu (12/4/2020).

Menurut dia, kontak erat yang dimaksud yakni aktivitas berupa kontak fisik atau berada dalam satu ruangan, maupun telah berdekatan dengan jarak kurang dari 2 meter. Kontak tersebut bisa dengan PDP maupun pasien positif Covid-19. Rentang waktu kontak fisik itu dalam 2 hari sebelum kasus timbulnya gejala hingga 14 hari setelah kasus timbul gejala.

Alam menjelaskan, individu tersebut bisa saja merasa tidak sakit karena tidak merasakan gangguan apa pun pada tubuhnya. Atau bahkan dengan gangguan minimal. Untuk itu, disebut tanpa gejala."Itu kemudian bisa menjadi potensi untuk terjadinya sumber penyebaran baru wabah corona ini," lanjutnya.

Salah satu kekhawatiran utama seputar virus corona baru yang menyebabkan Covid-19 adalah virus ini lebih mudah menyebar. Padahal di seluruh dunia, kata dia, tidak hanya Indonesia, negara-negara lebih fokus mengisolasi pasien yang menunjukkan gejala. Di sisi lain, bahwa orang yang terinfeksi hanya menunjukkan gejala ringan atau tidak sama sekali.

Sementara berdasarkan data Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Bekasi menyebutkan, Orang Dalam Pemantauan (ODP) tembus 1.395 orang. 767 selesai dipantau dan 628 orang dalam pemantauan. Pasien Dalam Pengawasan (PDP) sebanyak 347 orang dengan 221 dinyatakan sehat, dan 126 dalam pengawasan.

Sedangkan warga Kabupaten Bekasi yang terkonfirmasi positif corona berjumlah 42 orang. Rincianya, 11 dinyatakan sembuh, 8 meninggal dunia, 16 dirawat di rumah sakit rujukan di Jawa Barat dan DKI Jakarta. Kemudian, 7 orang isolasi mandiri. Orang Tanpa Gejala 114 orang dengan 78 laki-laki dan 36 perempuan dan OPP sebanyak 1 orang perempuan.
(whb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1779 seconds (0.1#10.140)