Buru Pelaku Penyiksaan Anak di Jakarta Barat, Kemensos Akan Lapor Polisi

Rabu, 11 November 2020 - 21:10 WIB
loading...
Buru Pelaku Penyiksaan Anak di Jakarta Barat, Kemensos Akan Lapor Polisi
Ketiga bocah malang korban kekerasan dan eksploitasi. Foto: SINDOnews/Yan Yusuf
A A A
JAKARTA - Kementerian Sosial (Kemensos) akan melaporkan ke polisi kasus eksploitasi dan penyiksaan terhadap tiga anak di bawah umur yang ditemukan di kolong tol flyover Pasar Pagi, Tambora, Jakarta Barat. Demi menghilangkan trauma, Kemensos akan membawa ketiga bocah malang itu ke rumah aman.

“Pasti (dilaporkan). Ini kita akan cari dulu ini walinya siapa. Kalau walinya tidak ditemukan, bisa pihak suku dinas melaporkan sebagai kekerasan. Kalau bukti kuat kita bisa melaporkan,” kata Nurmansyah, Pekerja Sosial Anak Kemensos, Rabu (11/10/2020).

Diketahui, tiga bocah yang mengaku asal Kemayoran, Jakarta Pusat, diselamatkan oleh PPSU Roa Malaka, Tambora. Mereka diketahui menjadi korban eksploitasi. (Baca juga: Sungguh Kejam, Sudah Dipaksa Nyabu Bocah Ini Disiksa jika Tidak Mencuri)

Hanya saja, untuk menindaklanjuti kasus itu, tiga anak membutuhkan wali. Wali nantinya membantu menguatkan laporan. Sebab kesaksisan masyarakat tidak kuat menjerat pelaku.

“Kalau laporan dari masyarakat itu akan kurang bukti. Ini siapa yang ngewaliin? Yang bertanggung jawab untuk proses hukum ke depan sampai sidang, ke depan seperti apa, begitu,” jelas Nurmansyah. (Baca juga: Kekerasan pada Anak Marak, Kak Seto: Melindungi Anak Perlu Orang Sekampung)

Saat ini, kata Nurmansyah, Kemensos akan membawa ketiganya ke rumah aman. Assessment akan dilakukan setelah anak mendapatkan pendampingan psikologi guna menyembuhkan mentalnya.

Selama di rumah aman, Kemensos menjamin anak akan kembali sehat dan ceria. Segala kebutuhan dipenuhi, baik berupa makan, sandang, dan pangan.

“Setelah semua terpenuhi, kita akan memulihkan trauma anak, kita gali permasalahannya, kita gali informasinya sampai dia kena kekerasan oleh orang di sekitarnya, gitu,” tutupnya.
(thm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2717 seconds (0.1#10.140)