Komnas PA Desak Polres Jakarta Barat Usut Kasus Eksploitasi Anak

Rabu, 11 November 2020 - 16:57 WIB
loading...
Komnas PA Desak Polres Jakarta Barat Usut Kasus Eksploitasi Anak
Foto/Ilustrasi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas PA) mengapresiasi petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) Roa Malaka, Tambora, Jakarta Barat. Tanpa perhatian dan kepekaan petugas, tiga bocah korban eksploitasi tak mungkin diselamatkan.

“Kami akan berikan penghargaan kepadanya, beritanya sudah saya baca. Dan kami merasa harus memberikan apresiasi hormat kepada petugas itu,” kata Sekjend Komnas PA Dhanang Sasongko kepada wartawan di Jakarta, Rabu (11/11/2020).

Dhanang menjelaskan apa yang dilakukan PPSU menunjukan masih ada masyarakat yang peduli. Karena perhatiannya, tiga anak itu bisa diselamatkan. ( )

Berkaca dari kejadian ini, Dhanang meminta polisi menindak, dengan kapabilitas Satreskrim Polres Metro Jakarta Barat yang kerap mengungkap kasus kekerasan dan prostitusi anak, serta kejahatan jalanan lainnya, bukan hal yang mudah bagi polisi membongkar kejadian di Roa Malaka.

“Kalau polisi bisa ungkap, ini mengultimatum penjahat dan pelaku lainnya,” tegas Dhanang. ( )

Saat ini masih banyak eksploitasi anak yang terjadi di Jakarta. Satu per satu anak dipekerjakan paksa oleh sejumlah remaja dan orang tua. Mulai dari di suruh mengamen, mengemis, mencuri, hingga kurir narkoba.

“Makanya kita dorong, tindak pelaku. Jika memang ada peran orang tua, penjarakan saja orang tuanya,” tutup Dhanang. ( )

Sebelumnya, tiga bocah yang mengaku asal Kemayoran, Jakarta Pusat, diselamatkan oleh petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) Roa Malaka, Tambora, Jakarta Barat. Mereka diketahui menjadi korban eksploitasi.
(mhd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2180 seconds (0.1#10.140)