Bangun Trem, Pemkot Bogor Gandeng PT INKA

Kamis, 13 Februari 2020 - 19:02 WIB
Bangun Trem, Pemkot Bogor Gandeng PT INKA
Bangun Trem, Pemkot Bogor Gandeng PT INKA
A A A
BOGOR - Upaya Pemkot Bogor dalam mewujudkan moda transportasi massal berbasis rel di pusat kota terus dimatangkan. Apalagi pemkot telah bertemu dengan PT Industri Kereta Api (INKA) terkait rencana penyelenggaraan trem.

Wakil Wali Kota Bogor Dedie A Rachim mengatakan, dalam pertemuan dengan PT INKA pihaknya membahas alternatif skema kerja sama pembangunan dan pengoperasian trem di Kota Bogor. "PT INKA menawarkan skema investasi untuk koridor satu dengan opsi kerja sama operasional melibatkan BUMD dan tidak menutup kemungkinan melibatkan pihak lain seperti PT KAI," ujar Dedie, Kamis (13/2/2020).

Dengan demikian, pembiayaan sarana dan prasarana juga ditanggung PT INKA. Sementara, Pemkot Bogor akan menata fasilitas penunjang seperti Transit Oriented Development (TOD) dan membangun sarana lain sebagai penunjang pengoperasian trem.

"Kita sambut baik keinginan tersebut, apalagi PT INKA adalah BUMN. Apabila kerja sama ini dapat diteruskan, maka Kota Bogor turut mendukung perkembangan industri perkeretaapian dalam negeri," ungkapnya. (Baca juga: Koridor Perdana Tram Way Bogor Sejauh 7,1 Km)

Selanjutnya, PT INKA akan melakukan kajian di Kota Bogor khususnya koridor satu. Rencananya, jalur di koridor satu akan dilintasi trem yang dimulai dari Terminal Baranangsiang mengelilingi Kebun Raya Bogor (KRB). "Selain itu, Pemkot Bogor juga akan mengumpulkan beberapa pihak seperti PT KAI dan PT Colas Rail untuk duduk bersama," kata Dedie.
(jon)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6762 seconds (0.1#10.140)