alexametrics

Kekurangan Petugas, SDA Jakbar Gagal Penuhi Target Sumur Resapan

loading...
Kekurangan Petugas, SDA Jakbar Gagal Penuhi Target Sumur Resapan
Pembuatan sumur resapan. Foto/Ilustrasi/Sudin-sda
A+ A-
JAKARTA - Suku Dnas Sumber Daya Air Jakarta Barat gagal penuhi target membuat sumur resapan. Dari target sebanyak 400 sumur resapan, baru 70 sumur resapan yang terbangun.

Hal itu diungkapkan, Kasudin SDA Jakarta Barat, Purwanti Suryandari. Ia menegaskan, ratusan sumur resapan tak mungkin tercapai di tahun ini.

"Sampai saat ini, baru 70 dari 400 sumur resapan yang dibuat," kata Purwanti di Jakarta, Rabu (13/11/2019).



Purwanti menjelaskan, lambannya pengerjaan tak lepas dari muka air tanah di Jakarta Barat yang tinggi. Meskipun bisa, dia menjelaskan, bila dipaksakan, maka sumur itu menjadi tak berguna.

Terlebih, lanjutnya, sumur resapan difungsikan menyerap air saat genangan terjadi di kawasan itu. "Kalau ternyata sumurnya mengeluarkan air, kan sia-sia," ujar Purwanti.

Ia mencontohkan, seperti di Kecamatan Taman Sari, karena muka air tinggi. Maka pembangunan sumur resapan tak dilakukan di kawasan itu.

Selain karena muka air yang tinggi, kurangnya sumur resapan tak lepas dari petugas yang minim. Ia mengatakan, dengan target yang cukup tinggi dan petugas minim, pihaknya kekurangan waktu dalam membuat sumur resapan.

Terlebih Sudin Air juga memiliki tugas lainnya, mulai pengerukan, pembangunan saluran, hingga normalisasi saluran lingkungan. "Ini yang membuat kapasitas produksinya terbatas," ujarnya.

Padahal, dalam pembuatan sumur resapan, satu sumur resapan lebarnya bisa satu hingga tiga meter. Hingga kini, pihaknya berkoordinasi dengan masyarakat untuk membangun resapan sendiri.

"Kita berkoordinasi dengan sekolah, masjid, dan masyarakat lainnya untuk membangun sumur resapan sendiri," tuturnya.

Meskipun kurang dari target, namun Purwanti memastikan sumur resapan yang ada tercukupi. Sumur itu kini merata di beberapa titik, terkecuali Taman Sari dan Cengkareng. "Keduanya karena permukaan tinggi," ucapnya lagi.

Dikonfirmasi terpisah, Wakil Walikota Jakarta Barat, Muhammad Zen mengatakan akan meminta SKPD lainnya membantu Sudin SDA untuk membangun sumur resapan.

"Nanti kita minta Kecamatan dan SKPD kaya bina marga membangun sumur resapan," ujar Zen.
(mhd)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak