Simak! 6 Misi Ridwan Kamil-Suswono Jadikan Jakarta Kota Global

Senin, 16 September 2024 - 06:52 WIB
loading...
Simak! 6 Misi Ridwan...
Pasangan bakal Calon Gubernur-Wakil Gubernur Jakarta Ridwan Kamil-Suswono menghadiri Rapat Konsolidasi Pertama Tim Pemenangan RK-Suswono (RIDO) di Kantor DPD Partai Golkar, Cikini, Jakarta Pusat, Minggu (15/9/2024). Foto/Aldhi Chandra
A A A
JAKARTA - Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jakarta Ridwan Kamil-Suswono (RIDO) secara resmi telah menyerahkan dokumen visi dan misi kepada Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Jakarta. Dokumen yang diserahkan tersebut memuat 65 halaman.

“Visi yang diusung pasangan RIDO adalah Jakarta baru sebagai kota global yang maju dengan karya inovatif, berkeadilan, dan sejahtera,” ungkap Juru Bicara Pasangan RIDO Bernardus ‘Bernie’ Djonoputro, Minggu (15/9/2024).

Bernie menjelaskan, pasangan RIDO mengusung enam misi. Pertama, pasangan RIDO akan membentuk manusia Pancasila yang berdaya saing, setara, berdaya, dan berperadaban luhur.





Kata kuncinya adalah pendidikan karakter, ketahanan keluarga, manajemen kependudukan, ketersediaan ruang publik, universitas dan pusat riset kelas dunia, kesetaraan gender, dan kebudayaan.

Kedua, mewujudkan kota global yang berketahanan. Kata kuncinya adalah resiliency/ketahanan, mitigasi bencana, masyarakat yang berdaya, urbanisasi, aglomerasi perkotaan Jabodetabekpunjur, dan konektivitas global.

Ketiga, pasangan ini akan mendorong pertumbuhan ekonomi yang inklusif. Kata kuncinya adalah bebas miskin ekstrim, ramah investasi, ease of doing business, ketahanan pangan, destinasi wisata internasional, lapangan kerja, daya beli, UMKM dan kewirausahaan, akses permodalan, pasar tradisional dan tematik, serta upah berkeadilan.

Keempat, membangun kota layak huni kelas dunia dengan infrastruktur yang berkelanjutan. Kata kuncinya adalah tata ruang harmonis, penyediaan perumahan terjangkau, infrastruktur perkotaan, green roadmap, pencapaian SDGs, ketersediaan air bersih, udara bersih, transportasi publik yang terintegrasi dan terjangkau, zero waste, sanitasi, dan Transit Oriented Development (TOD).

Kelima, menghadirkan pemerataan pembangunan di semua wilayah Jakarta. Kata kuncinya adalah peremajaan kota, aksesibilitas ke last mile, redistribusi kegiatan enam kota/kabupaten administratif, percepatan pembangunan Kepulauan Seribu, dan pengurangan kesenjangan.

Terakhir, pasangan RIDO akan membentuk pemerintahan yang transparan, transformatif, dan proaktif melayani. Kata kuncinya terletak pada birokrasi profesional, pemerintahan yang bersih dan akuntabel, kolaboratif, demokratis, transformasi digital, inovasi pembiayaan pembangunan.

Bernie mengatakan visi dan misi ini diharapkan dapat mengatasi berbagai permasalahan mendesak yang ada di Jakarta. Permasalahan tersebut di antaranya adalah tingginya harga kebutuhan bahan pokok, terbatasnya lapangan kerja, korupsi dan kualitas layanan birokrasi, kemacetan, dan banjir.

Sekadar informasi, RIDO telah menyerahkan dokumen visi dan misi sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan KPUD, yakni sebelum Minggu (8/9/2024). Pasalnya, hari Minggu merupakan hari terakhir batas pengiriman dokumen visi dan misi calon gubernur (cagub) dan calon wakil gubernur (cawagub) Jakarta.

Visi Misi Ridwan Kamil-Suswono selengkapnya:

bit.ly/VisiMisiRIDO
(rca)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0971 seconds (0.1#10.140)