Kerja Sama dengan Lido Lake Resort Kelola Sampah Organik, Pengelola Maggot: 400 Kg Tiap 2 Hari

Kamis, 12 September 2024 - 20:27 WIB
loading...
Kerja Sama dengan Lido...
Lido Lake Resort by MNC Hotel dan MNC Peduli bekerja sama dengan PT Recycle Maggot Indonesia dalam mengelola sampah organik. Foto: SINDOnews/Jonathan Simanjuntak
A A A
BOGOR - Lido Lake Resort by MNC Hotel dan MNC Peduli bekerja sama dengan PT Recycle Maggot Indonesia dalam mengelola sampah organik. Kerja sama itu mampu mengelola sampah hingga 400 kg setiap dua hari sekali.

Hal itu diungkapkan Anwar Riyadi, Pengelola Maggot. Menurut dia, pengelolaan sampah berdampak pada penurunan suplai sampah yang dikirimkan ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA).



"Sampah yang kami ambil (dari Lido) itu 300-400 kg setiap dua hari sekali. Jadi setiap bulannya 3-4 ton," ujarnya, Kamis (12/9/2024).

Sebanyak 300 kg sampah bisa diolah menjadi 60 kg maggot. Maggot itu lantas dijadikan alternatif pengganti pakan ternak yang harganya kian melambung.

"Saya sudah kerja sama selama 9 bulan bersama hotel, pakan ternak ini memang pengurai sampah organik yang jelas-jelas membantu kita sebagai peternak," katanya.

Kegiatan ini memberikan keuntungan bagi masing-masing pihak sekaligus menjalankan program pemerintah terkait pengelolaan sampah. Anwar juga berharap kegiatan ini tidak selesai sampai di sini.

"Harapan kami ini bisa menjadi contoh bagi pembudidaya maggot berada. Karena ini win-win solution, simbiosis mutualisme," ucapnya.

Marcom Manager Lido Lake Resort M Rizki Sutrisna memastikan program menggandeng pihak ketiga dalam mengelola sampah organik ini akan terus dijalankan. Dia berharap program dapat memberikan manfaat langsung kepada masyarakat.

"Ke depan harapannya kita bisa jalankan terus menerus, lalu memberikan manfaat sebanyak mungkin dan tentu kita bisa mengurangi suplai sampah ke TPA," katanya.
(jon)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1147 seconds (0.1#10.140)