Lido Lake Resort Gandeng dengan PT Reclye Maggot Indonesia, Tekan Supply Sampah Organik yang Dibuang ke TPA

Kamis, 12 September 2024 - 18:56 WIB
loading...
Lido Lake Resort Gandeng...
Lido Lake Resort by MNC Hotel dan MNC Peduli menggandeng PT Recycle Maggot Indonesia untuk bekerja sama dalam mengelola sampah organik. FOTO/IST
A A A
JAKARTA - Lido Lake Resort by MNC Hotel dan MNC Peduli menggandeng PT Recycle Maggot Indonesia untuk bekerja sama dalam mengelola sampah organik. Upaya kerja sama ini juga dilakukan untuk menekan jumlah sampah organik yang dibuang ke tempat pembuangan akhir (TPA).

"Jadi memang tujuannya kami ingin mengurangi suplai sampah kami dari limbah sisa makanan ke TPA, kami mengusahakan bahwa limbah sisa makanan kami bisa dimanfaatkan dan bernilai ekonomis," kata Marcom Manager Lido Lake Resort, M. Rizki Sutrisna, Kamis (12/9/2024).

Dalam kerja sama ini, Rizki menyampaikan Lido bisa memberikan sampah organik sebanyak 300 kilogram setiap dua hari sekali. Ratusan kilogram sampah itu kemudian bisa dikelola menjadi pupuk hingga pakan ternak.

"Kami kelola dengan pihak ketiga, bisa digunakan menjadi pupuk dan bisa juga menjadi pakan ternak. Tentunya akan menjadi manfaat bagi masyarakt," kata Rizki Sutrisna.

Rizki menekankan upaya pengelolaan limbah dari Lido Lake Resort akan terus dilakukan. Apalagi, pengelolaan sampah ini merupakan salah satu program dari pemerintah.

"Ke depan harapannya kita bisa jalankan terus menerus, kemudian bisa memberikan manfaat sebanyak mungkin dan tentu kita bisa mengurangi suplai sampah kita ke TPA," tuturnya.

Pengelola Maggot, Anwar Riyadi menyambut baik kerja sama ini. Sebab, menurutnya, pengelolaan sampah organik menguntungkan ketimbang harus membeli pakan ternak. Anwa menyebut kerjasama ini merupakan simbiosis mutualisme.

"Kerja sama dari hotel Lido ini membuat penggiat maggot seperti saya ini terbantu. Semoga harapannya tidak selesai saja sampai di sini," kata Anwar.
(abd)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1356 seconds (0.1#10.140)