Profil dan Jejak Karier Ridwan Kamil, Cagub Jakarta 2024 yang Berpasangan dengan Suswono

Rabu, 28 Agustus 2024 - 12:29 WIB
loading...
A A A
Setelahnya pada 1990 Ridwan Kamil meneruskan ke pendidikan menengah di SMA Negeri 3 Bandung. Setamat SMA, dia melanjutkan pendidikan di Institut Teknologi Bandung (ITB) dan lulus pada 1995 dengan gelar Sarjana Teknik di bidang Arsitektur.

Dia melanjutkan studi S2 atau magister di Universitas California, Berkeley, Amerika Serikat selama dua tahun hingga memperoleh gelar Master of Urban Design pada 1999 hingga 2001.

Selama perkuliahan, dia mengandalkan bantuan beasiswa untuk menopang kuliah dan biaya hidupnya.

Dia juga bekerja paruh waktu di Departemen Perencanaan Kota Berkeley. Setelah lulus S2, Ridwan Kamil bekerja sebagai arsitek di berbagai firma di Amerika Serikat.

Setelah selesai S2, Ridwan Kamil kembali ke Indonesia dan menjadi dosen tidak tetap di ITB selama 14 tahun. Dia mengajar program studi Teknik Arsitektur.

Selain menjadi dosen, pada 2004, Ridwan Kamil mendirikan Urbane, perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa konsultan perencanaan, arsitek, dan desain.

Lalu, dia memutuskan mundur dari dosen dan masuk dalam dunia politik dengan mencalonkan diri sebagai kandidat Wali Kota Bandung pada Pilkada 2013. Diusung PKS dan Gerindra, Ridwan Kamil yang berpasangan dengan Oded Muhammad Danial akhirnya menjadi pemenang.

Menjadi Wali Kota Bandung membuat nama Ridwan Kamil makin terkenal. Bahkan, program-program dibuat Ridwan Kamil dalam memajukan Bandung mendapat banyak apresiasi.

Atas keberhasilannya di Bandung, Ridwan Kamil akhirnya dipercaya menjadi Gubernur Jabar. Dia memenangkan Pilgub Jabar 2018 berpasangan dengan Uu Ruzhanul Ulum.

Kali ini, Ridwan Kamil mencoba peruntungan bertarung di Pilgub Jakarta 2024 berpasangan dengan Suswono, kader PKS yang juga mantan Menteri Pertanian era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0867 seconds (0.1#10.140)