Profil dan Jejak Karier Ridwan Kamil, Cagub Jakarta 2024 yang Berpasangan dengan Suswono

Rabu, 28 Agustus 2024 - 12:29 WIB
loading...
Profil dan Jejak Karier...
Ridwan Kamil menjadi sosok yang dipilih KIM Plus untuk maju sebagai calon Gubernur Jakarta pada Pilkada Jakarta 2024. Foto: Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Ridwan Kamil menjadi sosok yang dipilih Koalisi Indonesia Maju (KIM) Plus untuk maju sebagai calon Gubernur Jakarta pada Pilkada Jakarta 2024. Jika menang, Ridwan Kamil mencanangkan prinsip DKI yang merupakan singkatan dari desentralisasi, kolaborasi, dan inovasi.

Prinsip itu dilandasi semangat pemerataan pembangunan untuk Jakarta. "Kami juga punya semangat Jakarta ini harus merata pembangunannya sehingga kami punya prinsip namanya DKI," ujar Ridwan Kamil di Jakarta Selatan, Selasa (27/8/2024).



Lantas, bagaimana profil dan perjalanan karier Ridwan Kamil? Berikut ulasannya.

Profil Ridwan Kamil

Ridwan Kamil memiliki nama lengkap Mochamad Ridwan Kamil. Dia lahir di Bandung, 4 Oktober 1971. Dia adalah anak kedua dari lima bersaudara.

Ayah Ridwan Kamil bernama Atje Misbach Muhjiddin yang berprofesi sebagai Doktor sekaligus dosen di Fakultas Hukum Universitas Padjadjaran (Unpad). Sementara ibunya bernama Tjutju Sukaesih.

Selain itu, ayah Ridwan Kamil merupakan keturunan dari Kiai Muhyidin atau dikenal Mama Pagelaran yang merupakan pendiri tiga pesantren di Sumedang dan Subang.

Sejak kecil, Ridwan Kamil dikenal sebagai anak yang cerdas dan aktif. Dia tumbuh menjadi sosok yang pekerja keras dan pantang menyerah.

Ridwan Kamil menghabiskan masa kanak-kanak sampai mudanya di Kota Bandung. Kemudian, Ridwan Kamil bertemu dengan Atalia Praratya saat berada di sebuah pameran di kota kelahirannya.

Pada 7 Desember 1996, Ridwan Kamil menikahi Atalia dan dikaruniai 2 anak yaitu Emmeril Kahn Mumtadz atau sering dipanggil Eril dan Camillia Laetitia Azzahra atau sering dipanggil Zara.

Selain itu, mereka mengasuh anak yang diberi nama Arkana Aidan Misbach pada Juli 2020.

Pendidikan dan Perjalanan Karier Ridwan Kamil

Ridwan Kamil menyelesaikan pendidikan dasar di SDN Banjarsari III Bandung pada 1984. Kemudian, dia meneruskan ke jenjang pendidikan pertama di SMP Negeri 2 Bandung dan lulus pada 1987.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1489 seconds (0.1#10.140)