Siapkan Lulusan Masuk Dunia Kerja, SMK Bistek Bekasi Gelar Pendidikan TEFA

Selasa, 25 Juni 2024 - 20:11 WIB
loading...
Siapkan Lulusan Masuk...
SMK Bisnis dan Teknologi Bekasi bersama PT Midi Utama Indonesia, Tbk (Alfamidi) menyelenggarakan grand opening Teaching Factory Alfamidi Class. Foto/istimewa
A A A
BEKASI - SMK Bisnis dan Teknologi Bekasi bersama PT Midi Utama Indonesia, Tbk (Alfamidi) menyelenggarakan grand opening Teaching Factory Alfamidi Class. Kegiatan tersebut untuk menyiapkan para siswa siap bekerja guna memenuhi tuntutan dunia usaha.

Hadir dalam acara tersebut sejumlah tokoh masyarakat dan pejabat setempat yakni Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah III Provinsi Jawa Barat Bapak H. I Made Supriatna, Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Bekasi Asep Gunawan, Camat Bekasi Selatan Bapak Karya Sukmajay.

Kepala SMK Bisnis dan Tekologi Bekasi Agus Setia Budi menyampaikan mengatakan, sebagai salah satu Sekolah Menengah Kejuruan yang memiliki konsentrasi keahlian Bisnis Ritel tentunya sekolah memiliki tanggung jawab untuk menyelenggarakan Pendidikan Bisnis Ritel yang dapat memenuhi tuntutan dunia usaha dan dunia industri yang akan menyerap tenaga kerja yang berasal dari lulusan sekolah.



“Sedapat mungkin kurikulum dan pembelajaran yang dilaksanakan di sekolah kami harus benar-benar dapat memberikan sarana kepada seluruh peserta didik untuk dapat mencapai kompetensi keahlian sesuai dengan pilhan setiap peserta didik,” katanya, Selasa (25/6/2024).

Dia menilai, Teaching Factory (TEFA) adalah suatu konsep pembelajaran dalam suasana sesungguhnya, sehingga pembelajaran di sekolah akan link and match dengan perusahaan sehingga dapat menjembatani kesenjangan kompetensi antara kebutuhan industri dan pengetahuan yang ada di sekolah.



“Program pendidikan ini merupakan kelas persiapan calon karyawan perusahaan tersebut yang direkrut sejak kelas X. Rencananya dilaksanakan seleksi sebanyak 40 siswa untuk menjadi peserta didik,” ucapnya.

Peserta didik terpilih dari kelas Bisnis Ritel Kelas X SMK Bistek Bekasi akan dilatih dan guru-guru yang telah tersertifikasi. Selama 3 tahun siswa yang terpilih dari hasil seleksi tersebut akan menjalani pembelajaran dengan menggunakan kurikulum yang sudah dilakukan sinkronisasi kurikulum.

”Praktik Kerja Lapangan juga akan langsung dilaksanakan di cabang minimarket tersebut sekitar Kota Bekasi. Selanjutnya pastinya akan diangkat sebagai karyawan jika sudah menyelesaikan pembelajaran. Siswa Lulusan akan mendapat kesempatan untuk disalurkan menjadi karyawan dan ditempatkan di cabang-cabang sesuai formasi yang dibutuhkan,” katanya.

Dia mengaku, sekolah sangat antusias menjalankan kerja sama ini. Diawali dengan pertemuan pada 16 Februari 2024 kemudian berlanjut hingga saat ini. "Mereka datang ke SMK Bistek Bekasi, alhamdulillah sekolah ini dipilih dari sekian ratus SMK di Bekasi hanya satu yang dipilih. Kami sangat beruntung dan berterima kasih bisa bekeja sama," ucapnya

Bukan hanya peserta didik, Guru Bisnis Ritel SMK Bistek Bekasi juga diberikan ilmu yang matang untuk mempersiapkan peserta didik di dunia kerja. "Setelah lulus mereka akan direktrut, dari Bistek yang diambil 40 atau satu kelas. Peserta didik terpilih dari kelas Bisnis Ritel Kelas X SMK Bistek Bekasi akan dilatih langsung," kata Agus.

Corporate Comunication Alfamidi Cabang Bekasi dan Training Coordinator Angesti Prameswari mengatakan, ini merupakan pelaksanaan program di bidang pendidikan.

"Saya dan tim sangat berbahagia dengan adanya kerja sama dengan Bistek. Bistek ini juga sangat wellcome, kitanya juga senang. Mulai dari sinkronisasi kurikulum, jadi kan kita tidak hanya ada teaching factory saja," kata Angesti yang juga diamini oleh Training Coordinator Dudung Badru Salam.

Angesti berharap, kerja sama ini saling memberikan manfaat untuk eserta didik dan masyarakat. "Harapannya sih saling memberikan kemanfaatannya antara kedua belah pihak. Nah itu ada proses-prosesnya," kata Angesti.
(cip)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2127 seconds (0.1#10.140)