Kerap Banjir, Pemkot Jaksel Akan Relokasi Warga Pegadegan

Selasa, 30 April 2019 - 09:55 WIB
Kerap Banjir, Pemkot Jaksel Akan Relokasi Warga Pegadegan
Kerap Banjir, Pemkot Jaksel Akan Relokasi Warga Pegadegan
A A A
JAKARTA - Pemerintah Kota Jakarta Selatan (Pemkot Jaksel) akan merelokasi warga di Pengadegan yang dilintasi Kali Ciliwung karena kerap terendam banjir . Setelah warga direlokasi, Pemkot Jaksel akan mulai melakukan naturalisasi bantaran kali Ciliwung di wilayah tersebut.

Wali Kota Jakarta Selatan Marullah Matali mengatakan, agar warga yang berada di pinggir Kali Ciliwung tidak terdampak banjir kiriman, pihaknya berencana melakukan relokasi.

"Kita sudah meminta untuk menginventarisasi karena itu lokasi yang mestinya dibebaskan untuk naturalisasi kali," kata Marullah di Jakarta, Selasa (30/4/2019). (Baca Juga: Sodetan PHB Kali Pulo Rampung, Banjir Jatipadang Diharapkan Berkurang)

Ia menambahkan, proses pembebasan lahan sedang berjalan. Namun administrasi yang dijalankan harus benar-benar berdasarkan ketepatan data. "Sudah berjalan sebenarnya, tapi biasa kalau untuk urusan pembebasan itu ada proses administrasi terkait," tambahnya.

Pihaknya juga mengaku telah siap memimdahkan warga di salah satu rusun kawasan Pengadegan, Pancoran, Jakarta Selatan. (Baca Juga: Enam Kampung SIaga Bencana Diaktifkan untuk Menanggulangi Banjir)

"Di Pengadegan misalnya, itu masih ada rumah susun nanti ditata. Saya sudah usulkan, kalau memungkinkan semaksimalnya diakomodir di rumah susun," tegas Marullah.

Marullah mengatakan, ada 170 unit rusun di Pengadegan. Tapi baru beberapa saja sekitar 80-90 unit yang terakomodir. "Kita berharap semaksimal mungkin. Banyak mereka (warga) yang masih menunggu kapan kita masuk situ kata mereka," katanya.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7314 seconds (0.1#10.140)