alexametrics

Enam Kampung Siaga Bencana Diaktifkan untuk Menanggulangi Banjir Jakarta

loading...
Enam Kampung Siaga Bencana Diaktifkan untuk Menanggulangi Banjir Jakarta
Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial Tarmijo Damanik mengatakan pihaknya mengaktifan enam KSB untuk menanggulangi banjir yang menerjang Jakarta. Foto/Ilustrasi/Ilustrasi/SINDOphoto
A+ A-
JAKARTA - Dinas Sosial DKI Jakarta mengaktifan enam Kampung Siaga Bencana (KSB) untuk menanggulangi banjir yang menerjang Jakarta. Hal tersebut diungkapkan Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial Tarmijo Damanik di Jakarta, Minggu (28/4/2019).

"Ini merupakan peran serta masyarakat melalui Kampung Siaga Bencana (KSB) dalam menyiapkan makanan siap saji, yang di kelola dapur umum KSB," ujar Damanik.

Di Jakarta Timur, tiga KSB diaktifkan yakni KSB Cililitan, KSB Cawang dan KSB Balekambang. Sedangkan untuk di Jakarta Selatan, adalah KSB Kebon Baru, KBS Pejaten Timur, dan KSB Pengadegan.



"Mereka mendirikan dapur umum di titik yang telah ditentukan. Di sana mereka memasak. Dimana logistiknya berasal dari Dinas Sosial dan Sudinsos setempat. Kadang mereka secara swadaya menyediakan bahan pangan lainnya, seperti bumbu dapur atau keperluan lainnya yang dibutuhkan cepat," jelas Damanik.

Dia melanjutkan keberadaan KSB ini cukup membantu dalam menangani korban banjir dan dikerjakan secara sukarela oleh masyarakat dari berbagai kalangan, seperti pengurus RT/RW, kantor kelurahan, anggota PKK, anggota karang taruna, hingga tokoh masyarakat.

Di Jakarta Timur, dapur umum KSB Cililitan terletak di RPTRA menyediakan 1.320 bungkus makanan siap saji. Dapur umum Cawang terletak di Kantor Kelurahan Cawang dan menyalurkan 1.000 bungkus. Sedangkan di Balekambang, KSB mendirikan dapur umum di SKKT Taruna dan menyiapkan 1.000 bungkus.

Adapun di Wilayah Jakarta Selatan, KSB Kebon Baru mendirikan dapur umum di Rumah Dinas Lurah dan menyiapkan 350 bungkus. KSB Pejaten Timur mendirikan dapur Rumah Dinas Lurah dan menyiapkan 2600 bungkus. Sedangkan KSB Pengadegan mendirikan dapur umum di Kantor Lurah dan menyiapkan 800 bungkus.
(kri)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak